MUNGKID – Sadar potensi budaya dan alamnya, Bupati Magelang Zaenal Arifin perlu datang sendiri ke Desa Girirejo, Ngablak untuk meresmikan gedung serbaguna. Karena di desa itu terdapat potensi Gunung Andong yang banyak dikunjungi masyarakat. Tidak hanya itu, para tamu undangan disuguhi 40 kesenian yang berkembang di desa tersebut.

“Saya atas nama Pemkab Magelang sangat mengapresiasi jajaran Pemerintah Desa Girirejo. Hal Ini juga merupakan Nawacita bapak Presiden untuk membangun dari kawasan pinggiran,” kata Zaenal, Selasa (28/8).

Kesenian-kesenian yang berkembang di desa itu menyuguhkan tampilannya di hadapan bupati yang datang didampingi Forpimda. Dalam sebuah arak-arakan layaknya karnaval dengan tajuk “Pembangunan”. Zainal berharap, karnaval itu menjadi bukti bahwa pembangunan di Desa Girirejo, baik di sektor pertanian maupun pariwisata, berkembang pesat.

“Saya berharap semangat masyarakat di Desa Girirejo ini tetap dapat terjaga, sehingga pembangunan dapat lebih cepat dan masyarakatnya pun lebih sejahtera,” tutur Zainal.

Kepala Desa Girirejo Slamet Riyadi mengaku sangat bersyukur dapat merampungkan pembangunan gedung serbaguna tahun ini. Gedung yang akan dipakai untuk olah raga dan kesenian itu menghabiskan dana Rp 593 juta. Dana diambilkan dari Dana Alokasi Desa tahun 2017 ditambah swadaya masyarakat.
Dijelaskan, selama ini Desa Girirejo sudah dapat swasembada dan mandiri. Di samping maju pada sektor pertanian, Girirejo juga memiliki desa wisata dengan unggulannya Gunung Andong. “Hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Andong sekitar 50 ribu pengunjung setiap bulan,” tandasnya. (dem/laz/mg1)