JOGJA – Perpustakaan di delapan sekolah dan dua desa di DIY mendapatkan sertifikasi dari Perpustakaan nasional. Penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan sekolah dan desa tersebut dilakukan di kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Selasa (28/8).

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY Dra Monika Nur Lastiyani MM mengatakan proses akreditasi dilakukan Juni lalu hasilnya 10 perpustakaan tersebut sudah terstandardisasi. Bahkan hasilnya sangat bagus. “Dua mendapat akreditasi B dan 8 nilai akreditasi A. Kami berterima kasih kepada pengurus semua dan selamat,” kata Monika.

Selanjutnya tim akreditasi dari pusat, akan melakukan akreditasi 14 perpustakaan sekolah dan dua desa. Lokasinya tersebar di Kulonprogo, Bantul dan Sleman. Akreditasi perpustakaan, kata Monika, adalah rapor bagi semua yang bergelut mengelola perpustakaan.
“Saat sudah terakreditasi lembaga perpustakaan sudah diakui dan standar nasional,” tuturnya.

Bagi yang sudah mendapat akreditasi sekarang memiliki pengakuan terstandar nasional. Tugasnya mempertahankan sampai periode akreditasi berikutnya. Setelah tiga tahun, mereka yang terakreditasi A harus melakukan akreditasi mandiri.

Monika menambahkan kemungkinan akan ada pelimpahan wewenang dari pusat ke daerah. Untuk asesor. Jika dilimpahkan ke daerah akan mudah. “Biaya tidak terlalu besar untuk mendapatkan akreditasi. Yang sudah baik akreditasinya dipertahankan,” lanjutnya.

Pada 2018 ini, total ada 105 perpustakaan yang menjalani akreditasi, meliputi perpustakaan desa dan perpustakaan khusus. Sepuluh perpustakaan yang mendapat akreditasi diantaranya Perpustakaan Pandawa SMKN 1 Sewon Bantul (akredistasi A), Perpustakaan Al Farabi SD Muhammadiyah Bantul (A), Matsayo Library MTsN 1 Yogyakarta (B).

Lalu ada Perpustakaan Gempita SD Bantul Timur (A), Perpustakaan Mumtaz SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta (A), Perpustakaan Pawitikra SMPN 5 Yogya (A), Perpustakaan Sendang Kamulyan Desa Dlingo Yogyakarta (A), Perpustakaan Desa Wukirsari Yogyakarta (A), Puspanegaran Library SMAN 5 Yogyakarta (A), Perpustakaan Bungai Rampai SD Karangjati Kasihan Bantul (B). (riz/pra/mg1)