Beda dengan Gaji, Dibagikan sebagai Dana Ayahan

JOGJA – Pelataran Keraton Jogjakarta di Magangan dipenuhi abdi dalem kemarin. Mereka ada di sana untuk mengambil dana keistimewaan (danais).
Danais sebesar Rp 4 miliar tersebut dibagikan kepada sekitar 2.400 abdi dalem Keraton Jogjakarta. Dana tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan abdi dalem.

Penanggung jawab pembagian dana ayahan atau dana tambahan KRT Suryodipuro mengatakan 700 abdi dalem menerima penghasilan tambahan. “Kegiatan ini kami laksanakan selama empat hari, Senin-Kamis (27-30/8) semoga para abdi dalem bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Pembagian danais tersebut menggunakan automatic teller machine (ATM) bekerja sama dengan Bank BPD DIY. Para abdi dalem sudah memiliki nomor rekening untuk menyimpan uangnya. “Untuk abdi dalem yang sepuh akan diantarkan melalui anak atau saudaranya,” ujar Suryodipuro.

Menurut KRT Suryodipuro tujuan penggunaan ATM tersebut untuk memudahkan pemberian gaji abdi dalem. “Sekarang siapa saja bisa pakai ATM. Abdi dalem juga kami ajarkan untuk menabung,” ujar Suryodipuro.
Sedangkan untuk besaran dana tergantung dari pangkat abdi dalem. “Untuk jumlah yang paling kecil berkisar Rp 1 juta,” ujar Suryodipuro.

Salah satu abdi dalem penerima dana tambahan tersebut, Mas Wedono Yudo Sumardyo, 82, mengatakan dana tersebut berbeda dengan gaji. “Kalau gaji kami terima setiap empat bulan sekali, sedangkan ayahan ini seperti dana tambahan. Saya senang karena kesejahteraan kami diperhatikan,” ujar Yudo. (cr5/iwa/mg1)