MUNGKID – Pawai atau karnaval pembangunan juga dilakukan masyarakat di tingkat kecamatan saat merayakan HUT ke-73 kemerdekaan RI. Seperti di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, kemarin. Warga lereng Gunung Merapi itu sangat antusias memamerkan dan melihat hasil pembangunan, salah satunya dengan mengusung prototip balai desa.

Karnaval yang mengambil start di Terminal Tegalrejo dan melalui Jalan Raya Magelang-Salatiga itu, juga menampilkan potensi seni budaya dan sumber daya alam yang ada. Tercatat ada 40 kelompok yang ikut dalam karnaval yang disaksikan pejabat Forkompincam Tegalrejo itu. Pesertanya ada utusan dari sejumlah rukun tetangga (RT), tingkat desa, sekolah dan instansi pemerintah.

Mereka dinilai tim juri yang terdiri atas seniman dan budayawan, antara ain, Agus Lima Gunung, Eko, dan Suryadi. Pemenang 1-3 akan mendapat hadiah masing-masing Rp 2 juta, Rp 1,5 juta, Rp 1 juta, dan Rp 500 ribu untuk peserta favorit.

Di bawah terik matahari dan semilir angin pegunungan, peserta berjalan kaki sekitar 3 Km dari Dusun Sidodadi, Desa Tegalrejo dan finish di Lapangan Tegalrejo. Pawai dibuka kelompok Drumband SMA/SMK Subanul Wathon, Tegalrejo. Disusul kelompok replika kapal berukuran besar serta tank yang dilengkapi mercon bumbung.

Ada juga kelompok yang menampilkan replika ular raksasa dan berukuran panjang. Tidak sedikit warga yang membawa hasil pertanian, serta kelompok yang membawa ular serta luwak dalam keadaan hidup. Sajian lainnya ada yang membawa sepeda hias, serta kelompok yang mengusung tema pendidikan dengan judul proses menjaga alam.

Menurut Ketua Panitia Saefullah W, hari kemerdekaan merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang harus dipertahankan. Maka sudah sepantasnya mengenang jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan RI.

Melalui acara yang dikemas para pemuda setempat itu juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antarwarga. Tujuan lain untuk meningkatkan semangat nasionalisme, serta menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan. Sekaligus mendorong rasa bangga dan cinta tanah air. (dem/laz/mg1)