GUNUNGKIDUL – Lagi, mengonsumsi minuman beralkohol (mihol), seorang pemuda tewas di wilayah hukum Polsek Karangmojo. Ferdi Setia Budi, 28, meregang nyawa usai minum mihol.

Warga Padukuhan Pengkol II, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo tersebut mengonsumsi mihol bersama temannya Herlambang Susanto, 24. Teman Ferdi tersebut masih dalam perawatan medis.

Peristiwa tersebut terjadi pukul 20.03 Jumat malam (24/8). Keduanya mendatangi pagelaran wayang kulit di Padukuhan Pengkol II. Ferdi membawa dua botol minuman beralkohol yang dimasukan ke botol air mineral.
Mereka menenggak minuman memabukkan itu hingga habis. Tidak sampai dinihari dua pemuda tersebut pulang menuju rumah masing-masing dalam kondisi mabuk.

Keesokan harinya, Sabtu (25/8) Ferdi mengeluh panas dan sakit pada perut dan pinggang. Diantar keluarganya, dia dibawa ke seorang mantri kesehatan di Kecamatan Semin.

Keluhan Ferdi tak kunjung membaik. Minggu pagi (26/8) kondisi kesehatannya semakin memburuk. Dia muntah-muntah. Keluarga berinisiatif membawa Ferdi ke RS Panti Rahayu Kelor, Kecamatan Semanu.“Sekitar jam 06.00 dibawa ke rumah sakit dan jam 09.00 dinyatakan meninggal dunia,” kata Kanit Reskrim Polsek Karangmojo Iptu Pudjijono, Minggu (26/8).

Mengetahui Herlambang juga mengonsumsi mihol, keluarganya membawa Herlambang ke rumah sakit. Sampai kemarin dia masih dirawat.
Kapolsek Karangmojo Kompol Irianto mengatakan mihol yang dikonsumsi diperoleh dari luar Kecamatan Karangmojo. Pihaknya mengamankan satu botol mihol yang belum dikonsumsi.

“Informasinya mihol diperoleh dari Jakarta. Kami amankan barang bukti satu botol Red Label masih utuh dan dua botol kosong bekas mihol,” kata Irianto.
Pihaknya terus melakukan penyelidikan. Sejumlah saksi mata, termasuk keluarga kedua korban serta Herlambang telah dimintai keterangan untuk mengungkap kasus tersebut. (gun/iwa/mg1)