SLEMAN-Beberpa waktu lalu, Rumah Kreatif Sleman (RKS), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, bekerjasama dengan Gapura Digital menggelar Pelatihan Dasar Fasilitas Google. Pelatihan ini diikuti 30 peserta dari UMKM di wilayah Sleman. Pelatihan berlangsung setiap hari sebanyak enam seri.

Menurut Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Madya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Agung Tri Rahmanto, UMKM perlu memanfaatkan fitur Google secara optimal untuk mengembangkan usaha. Sebab, sampai saat ini UMKM masih terbatas dengan menawarkan produknya melalui media sosial atau marketplace. “Tapi dengan pelatihan ini UMKM bisa mengetahui fitur-fitur yang disediakan Google,” jelasnya.

Produk UMKM Sleman meliputi kerajinan, pakaian, pertanian, aksesoris hingga kuliner. Agung percaya, dengan mendalami pengetahuan tentang fitur Google, UMKM bisa memromosikan dan mengenalkan produknya lebih maksimal.

“Pintu masuk utama dari Google itu kan search engine. Harapannya dengan tahu terkait ini rating produk mereka bisa lebih tinggi dan lebih bisa dicari oleh masyarakat,” katanya.

Dimas dari Gapura Digital, berharap UMKM bisa menggunakan fitur Google Bisnisku dengan lebih mudah. Sehingga UMKM bisa memasarkan produk dan servisnya langsung di Maps.”Jadi ketika konsumen mencari di Google Maps langsung ketemu kira-kira produk dan servis apa yang relevan buat mereka,” katanya.

Salah satu peserta dari Disya Griya Busana Ika menilai, pelatihan ini membuatnya mengerti terkait perkembangan usaha secara online. “Kami bisa dibukakan caranya. Ke depannya sangat membantu bagaimana mengembangkan usaha melalui online juga melalui digital,” kata Ika. (har/din/mg1)