GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA

BERAKHIR pekan sembari berburu kuliner unik? Banyak yang suka. Menyantap bakso dengan ukuran jumbo? Siapa takut.

Olahan daging sapi ini menjadi menu favorit semua kalangan. Bakso dapat diolah dan dimodifikasi bentuknya, isiannya bahkan rasanya.

Seperti yang dilakukan Achmad Fardiyansyah Taufik. Dia membuat olahan baksonya berukuran jumbo. Tidak tanggung-tanggung, ukuran bakso itu bisa melebihi ukuran kepala manusia.

“Yang paling besar beratnya bisa mencapai lima kilogram,” kata Taufik ditemui di warung Bakso Klenger di Jalan Wahid Hasyim, Nologaten, Sleman.
Bakso Klenger sudah buka sejak 2011. Namun dulunya ukuran bakso masih seperti bakso lainnya. “Untuk menarik minat konsumen saya buat ukuran jumbo,” ujar Achmad.

RAKSASA: Bakso dengan berat lima kilogram harus dipesan sehari sebelumnya. (SETIAKY A KUSUMA/RADAR JOGJA)

Soal rasa jangan ditanya. Kendati jumbo, rasa daging sapi pada bakso masih dominan. Dia selalu menjaga kualitas bakso dengan cara setiap pagi melakukan quality control supaya kualitas rasa terjaga.

Bahan baku baksonya hanya daging sapi yang masih segar. “Jadi prinsipnya sehari habis. Besok dengan bahan baku baru,” kata Achmad.

Bakso jumbo dibanderol dengan harga mulai Rp 30 ribu hingga jutaan rupiah untuk bakso dengan berat lima kilogram. “Kalau untuk bakso ukuran lima kilogram harus pesan sehari sebelumnya,” ujar Achmad.

Satu porsi Bakso Klenger ukuran satu kilogram dapat dinikmati lima orang sekaligus. Bahkan untuk yang berukuran lima kilogram bisa dinikmati hingga puluhan orang.

Jangan khawatir bagi yang datang sendiri. Ada bakso berukuran 250 gram untuk dinikmati sendiri.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati Bakso Klenger saja. Ada sajian lain seperti bakso goreng, buntut, lidah, kikil, tetelan dan telur. (har/iwa/fn)

Lezat: Pengunjung bisa menikmati Bakso Klenger di Jalan Wahid Hasyim, Nologaten, Sleman. (SETIAKY A KUSUMA/RADAR JOGJA)