Penataan Parkir, Rekayasa Lalu Lintas, dan Retribusi

PURWOREJO – Keluhan pedagang Pasar Baledono tentang sepinya pengunjung ditindaklanjuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo. Mereka mengirimkan rekomendasi kepada Pemkab Purworejo untuk segera dicarikan solusi.

Ada tiga persoalan yang minta secepatnya mendapatkan respons, yakni penataan parkir, rekayasa lalu lintas, dan retribusi pasar. Yang kami rekomendasikan itu adalah yang cukup urgen di antara permasalahan lain.”Surat rekomendasi ini merupakan tindaklanjut dari rapat dengar pendapat antara pedagang Pasar Baledono dengan DPRD, 25 Juli lalu,”kata Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono, Kamis (23/8).

Surat tertanggal 20 Agustus 2018 itu ditujukan kepada Bupati Purworejo Agus Bastian. Salinan surat juga diberikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan serta kepala BPPKAD.

Terkait rekayasa lalu lintas, pihaknya meminta agar sebagian besar jalur angkuan dilewatkan di depan Pasar Baledono. Pengalihan ini dinilainya penting sebagai upaya meramaikan pasar.”Sehingga akses masyarakat dari semua wilayah menuju Pasar Baledono lebih mudah,” papar Luhur.

Penataan parkir dan fasilitas parkir juga perlu dilakukan. Dia menilai keinginan masyarakat untuk tetap parkir di sekitar pasar cukup tinggi. Selama ini mereka berusaha menempatkan kendaraannya dengan titik yang terdekat dengan pasar.”Fasilitas parkir perlu dibenahi,’’ harapnya.

Retribusi juga menjadi sorotan khusus. Sebab, penarikannya dinilai masih terlalu mahal dan tidak sesuai dengan tingkat penjualan pedagang. DPRD memberikan rekomendasi agar retribusi parkir bisa dikenakan hanya 50 persen saja dari ketentuan yang ada. “Nantinya penarikan 100 persen bisa dilakukan lagi jika memang kondisi pasar sudah ramai sesuai harapan masyarakat. Kalau sekarang ditarik penuh memang sangat berat karena pendapatan pedagang masih minim,” katanya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Baledono Edi Sugiyarto sependapat dengan rekomendasi dari DPRD Purworejo. Dari sekian banyak keluhan dari pedagang, tiga poin itu menjadi kunci. “Semoga rekomendasi itu segera mendapat respons dari pemkab, sehingga keinginan semua pedagang agar pasar kembali pulih seperti dulu segera terwujud,” harapnya. (udi/din/mg1)