JOGJA – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menargetkan Tim Nasional (Timnas) Panjat Tebing bisa menembus babak semifinal pada nomor combined di Asian Games 2018. Target tersebut dinilai cukup realistis, mengingat nomor tersebut memang dipersiapkan serius.

Meski merupakan nomor baru yang dipertandingkan, persaingan di nomor combined akan berlangsung ketat. Selama ini Indonesia cukup digdaya pada nomor speed. Bahkan sebagai tuan rumah Asian Games ke 18 ini, Indonesia menargetkan medali emas.

Pelatih Kepala Timnas Panjat Tebing Indonesia Caly Setiawan mengatakan, persiapan untuk mencapai target ini telah dilakukan sekitar delapan bulan. Sejauh ini, atlet-atlet yang dipersiapkan menunjukkan hasil yang maksimal. ”Kami melihat ada peluang untuk atlet Indonesia bisa menembus babak semi final nomor combined,” ungkap Caly, Senin (20/8).

Nomor combined merupakan kombinasi dari sejumlah nomor, yaitu speed, lead, dan boulder. Nomor ini merupakan standar yang diterapkan untuk Olimpiade. Sebanyak empat atlet telah disiapkan yakni, Seto (DIJ), Kiromal Katibin (Jawa Tengah), Ndona Nasugian (Jawa Tengah), dan Widia Fujiyanti (Jawa Barat).

Sebanyak empat atlet yang dibina merupakan atlet U-20. Meskipun masih muda, progres perkembangan yang ditunjukkan selama pelatnas di Jogjakarta cukup ketat.Atlet yang disiapkan pada nomor tersebut diharapkan bisa untuk program jangka panjang.”Target pembinaan harapannya bisa diteruskan sampai dengan Olimpiade 2020 mendatang,” jelasnya.

Terkait kompetitor, menurutnya, nomor combined tidak bisa dianggap remeh. Jepang menjadi negara yang diunggulkan di nomor ini dengan pemanjat-pemanjat yang memiliki level dunia terutama di nomor lead dan boulder. Selain Jepang, ada pesaing ketat seperti Tiongkok dan Korea Selatan. “Persaingan bisa memberi dampak positif bagi pembinaan atlet di nomor ini ke depannya bila bisa menembus target,” jelasnya.

Seperti diketahui, timnas panjat tebing mengakhiri pelatnas di Jogjakarta dengan latihan terakhir di vanue sport climbing Mandala Krida, Senin (20/8) pagi. Pagi hari ini, dijadwalkan para atlet bertolak menuju Palembang. ”Kami minta doa kepada masyarakat untuk mendapat hasil terbaik di Asian Games,” harapnya. (bhn/din/mg1)