SLEMAN – Penyegaran di tubuh pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sleman segera dilakukan. Sebab beberapa kepala dinas di Pemkab Sleman memasuki masa pensiun.

Plt Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman Suyono mengatakan pihaknya membuka lelang untuk dua jabatan eselon II. Yakni untuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Kepala Diskominfo pensiun per 1 Oktober 2018 dan DLH sejak 1 Mei 2018 kosong,” kata Suyono.

Pihaknya baru pada tahap pembahasan persyaratan untuk para calon. Sedangkan panitia seleksi (Pansel) sudah terbentuk dengan anggota tujuh pejabat yang terdiri dari pejabat Pemkab Sleman dan dari luar.

Suyono yang juga Sekretaris Pansel mengatakan pengumuman pembukaan lelang dilakukan 30 Agustus 2018. Ditutup 14 September 2018. “Itu untuk menunggu pejabat eselon III yang berhaji,” kata Suyono.

Dikatakan, untuk dua jabatan kepala dinas itu kemampuan utama yang dilihat bukan disiplin ilmu. Bisa saja pejabat dengan disiplin ilmu di luar informatika dapat menjabat menjadi kepala Diskominfo.

“Karena yang dilihat itu utamanya kemampuan manajerial,” ujar Suyono.
Generasi muda, kata Suyono, merupakan kader yang paling besar diharapkan maju untuk mendaftar. Nantinya dari para pendaftar dipilih tiga calon utama untuk diajukan kepada bupati.

“Harapannya pada Oktober 2018 sudah ada yang terpilih,” kata Suyono yang juga masih menjadi Plt BKPP Sleman.

Jika bisa sesuai jadwal, kata Suyono, pada November 2018 kepala dinas yang baru dapat dilantik. Terkait jabatan BKPP Sleman yang hingga kini juga masih kosong, dia mengatakan kewenangan itu ada di bupati.

“BKPP kemungkinan dari bupati akan ada rotasi dari pimpinan pratama yang lain,” ujar Suyono.

Dia menyebut akan banyak posisi strategis yang kosong. Setidaknya dia menyebut ada lima posisi yang kosong.

“Ada Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sekretaris Dewan dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu,” ujar Suyono.

Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) memastikan tahun 2018 jabatan yang kosong akan terisi. Dia juga menegaskan, lelang jabatan ini dilakukan secara terbuka.
“Harapannya, Diskominfo, DLH dan BKPP dapat terisi tahun ini,” kata SP. (har/iwa/mg1)