GUNUNGKIDUL – Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri, harga sejumlah komoditas menjelang Hari Raya Idul Adha cenderung stabil. Bahkan, di antaranya ada yang mengalami penurunan.

Harga cabai merah keriting, misalnya, stabil di angka Rp 26 ribu per kilogram (kg). Pun dengan harga cabai merah. Di angka Rp 22 ribu per kg. Telur ayam broiler setali tiga uang. Dalam sepekan terakhir di kisaran Rp 22 ribu per kg. Sedangkan yang mengalami penurunan adalah harga daging ayam potong. Dari Rp 35 ribu menjadi Rp 33 ribu per kg.

”Semoga tetap stabil agar tidak memengaruhi daya beli,” harap Hartanti, seorang pedagang Pasar Argosari, Wonosari di lapaknya, Sabtu (20/8).
Kepala Seksi Distribusi Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Gunungkidul Sigit Haryanto membenarkan bahwa harga sejumlah komoditas usai Lebaran cenderung stabil. Bahkan di antaranya ada yang mengalami penurunan signifikan. Misalnya, cabai rawit merah. Harga bumbu dapur berasa pedas ini sempat di kisaran Rp 46 ribu per kg. Saat ini Rp 36 ribu per kg. Begitu pula dengan harga cabai rawit hijau. Dari Rp 25 ribu menjadi Rp 18 ribu.

”Harga daging sapi juga turun. Dari Rp 128 ribu menjadi Rp 120 ribu per kg,” sebutnya.
Ada sejumlah faktor di balik stabilnya harga sejumlah komoditas ini. Di antaranya, pasokan di pasaran memadai. Sebagian petani juga mulai memasuki musim panen. (gun/zam/mg1)