BANTUL – Sebanyak 50 siswa Kelas IV SD IT LHI Banguntapan, Bantul terlihat asyik mengobrol dengan turis di kompleks Kraton Jogja. Mereka mengikuti Outing Class (pembelajaran di luar kelas) untuk mengenal keberagaman di Jogja, sekaligus melatih kemampuan berbahasa asing.

Wali Kelas IV Diana Ristia Ratna mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak agar makin mencintai kebudayaan dan menambah rasa cinta terhadap Indonesia.

“Agar mereka tahu tentang budaya di Jogjakarta, kami ajak ke Kraton Jogja. Nah, dalam kegiatan ini sekalian siswa mengikuti English Challenge untuk melatih keberanian mereka bertanya dalam bahasa Inggris,” ujarnya Selasa (21/8).

Diana mengatakan, anak-anak diminta bertanya ke turis mancanegara yang sedang mengunjungin Kraton Jogja. “Mengasah keberanian anak-anak juga,” ungkapnya.

Salah satu siswa Rashila Zora Alaydasyam mengaku masih grogi saat berinteraksi dengan turis. “Ya karena jarang bertemu turis, jadi grogi. Tadi saya tanya what is your name dan where are you come from ke turis Korea, Prancis, Filipina, Spanyol, Jerman, dan Belanda,” tuturnya.

Terpisah, salah satu turis asal Spanyol Aintzane mengatakan, tak keberatan dengan pertanyaan yang diajukan oleh anak-anak SD ini. Meski dia sempat kaget ketika berkeliling dan tiba-tiba didatangi segerombolan anak-anak berseragam merah putih.

“Mereka malu-malu menanyai saya dengan bahasa Inggris. Siapa nama saya, asal negara saya. Ini cara yang baik untuk mereka belajar bahasa asing,” ujarnya dalam bahasa Inggris. (sky/ila)