JOGJA – Perayaan ulang tahun ke-66 Sekolah Perkebunan Menengah Atas Muja Muju 52 (SPbMA MM 52) berlangsung berbeda. Tahun ini, sekolah yang saat ini berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perkebunan Muja Muju 52 ini diisi dengan menghadirkan alumni.

Ada sekitar 150 orang alumni yang hadir pada acara yang dikemas dalam bentuk doa bersama dan sarasehan Jumat (18/8) lalu. Acara digelar di Aula SMK Perkebunan MM 52 Jalan Kenari Nomor 52 Muja Muju Jogja. Para alumni yang hadir dari lintas angkatan. Mulai dari angkatan sebelum tahun 1980-an hingga yang terbaru.

Ketua Panitia Acara Haryono mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian para alumni untuk terus memberikan dukungan pada pengembangan sekolah. Baik di bidang pengembangan kualitas maupun peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.
”Dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan dana yang selanjutnya disumbangkan untuk pengembangan sekolah,” ujar pria yang lulus dari sekolah ini pada 1989.

Selain sebagai bentuk dukungan moral, lanjut Haryono, kegiatan ini juga untuk media silaturahim antar alumni. Diungkapkan tidak sedikit para alumni dari SPbMA MM 52 yang telah sukses meniti karir di berbagai bidang.
”Harapan kami dengan adanya forum silaturahim ini, kita bisa saling mengisi. Yang sudah sukses bisa membantu yang belum sukses,” paparnya.

Haryono menjelaskan, pascakegiatan ini, kelembagaan alumni akan terus lebih diaktifkan. Bahkan, dijadwalkan akan ada pertemuan rutin yang dijadwalkan. Selama ini belum semua angkatan. Masih beberapa angkatan yang jalan. “Diharapakan, dengan adanya kegiatan yang lintas angkatan ini semua alumni akan bisa direkrut untuk aktif kembali,” harapnya.

Sebelum acara doa bersama di sekolah, panitia juga menggelar ziarah dan tabur bunga di makam pendiri sekolah SPbMA MM 52 Bapak R. Aribowo yang berada di Makam Miliran Jogjakarta. ”Biar kita semua ingat bahwa jasa beliaulah (Aribowo, Red) kami bisa belajar menimba ilmu dan bisa seperti saat ini,” tandasnya. (obi/sam/mg1)