Jadi Lima Komisioner, Nur Kholiq Pimpin Bawaslu Purworejo

PURWOREJO – Pasca pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purworejo yang digelar serentak di Hotel Bidakara Jakarta, terjadi perubahan komposisi keanggotaan Bawaslu. Jika sebelumnya ada tiga anggota saja, kini bertambah menjadi lima orang.

Tiga komisioner terdahulu, Rinto Hariyadi, Ali Yafie, dan Anik Ratnawati semakin kuat dengan kehadiran dua anggota baru yang lolos seleksi yakni Nur Kholiq dan Abdul Aziz. Dua hari pasca pelantikan, kelima anggota Bawaslu menggelar pleno untuk menentukan pembagian kerja serta memilih ketua.
Hasil pleno itu menyepakati pendatang baru Nur Kholiq mendapat amanah ketua Bawaslu. Kelimanya juga menjadi koordinator divisi, di mana Kordiv SD dipegang Abdul Aziz, Kordiv Hukum Data dan Informasi Rinto Hariyadi serta Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Anik Ratnawati.
Dua anggota lain yakni Ali Yafie menjabat kordiv Sengketa, sementara Nur Kholiq kordiv Penanganan Pelanggaran. Kepala Sekretariat Bawaslu Purworejo Andri Dwi Fitriyanto mengungkapkan, selain menjabat koordinator divisi, kelimanya juga memiliki tanggung jawab terhadap wilayah atau kecamatan.
“Dari 16 kecamatan di Purworejo, empat komisioner juga menjadi koordinator wilayah di tiga kecamatan, dan satu orang harus membawahi empat kecamatan,” kata Andri, Minggu (19/8).

Dikatakan, untuk wilayah Kaligesing, Loano, dan Bener dipercayakan kepada Nur Kholiq, sedangkan Anik Ratnawati membawahi Purworejo, Bagelen dan Purwodadi. Kemudian Kecamatan Banyuurip, Bayan, dan Grabag dalam kendali Ali Yafie, sedangkan Rinto Hariyadi di Kutoarjo, Butuh dan Pituruh. Empat kecamatan lain yakni Bruno, Ngombol, Kemiri dan Gebang, dipercayakan kepada Abdul Aziz.

Salah satu Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo Rinto Haryadi mengungkapkan, dengan bertambahnya dua orang anggota dinilai akan membuat kinerja Bawaslu Purworejo ke depan semakin efektif. Pasalnya, tantangan mendatang tentu akan semakin berat. “Tentu soliditas anggota menjadi kunci utama dalam menjalan tugas ke depan,” kata Rinto. (udi/laz/mg1)