KULONPROGO – Menyemarakkan HUT Ke-73 RI, puluhan seniman membuat mural di Waduk Sermo kemarin. Mengambil tema Bagimu Negeri, tembok bendungan dilukis menggunakan cat warna-warni.
“Tembok pintu air tersebut kami cat putih sebagai dasar sepanjang 10×4 meter. Tidak ada contoh gambar di kertas, langsung dilukis di atasnya,” ujar Koordinator Aksi MA Eddy Ertato, Minggu (19/8).

Sebagian besar seniman yang terlibat sudah terbiasa melukis mural. Kreativitas mereka mengalir natural. Teliti memadukan warna menjadi kunci melukis mural menghasilkan karya indah.
“Garuda Pancasila, merah putih, kepalan tangan adalah representasi dari nilai-nilai semangat perjuangan dan kemerdekaan,” kata Eddy.
Kegiatan juga dilengkapi aksi teatrikal mengucapkan puja dan puji syukur kepada Sang Pencipta. “Harapan kami pesan moral yang disisipkan tersampaikan,” kata Eddy.

Salah seorang seniman mural Teguh Paino mengatakan melukis mural di Pintu Air Bendung Waduk Sermo memiliki sensasi tersendiri. Mencoba merespons tema yang diangkat, kegiatan ini didukung seniman Jogja.
“Tema Bagimu Negeri sarat pesan moral. Nasionalisme mulai pudar pada generas muda, melalui kegiatan ini semoga nasionalisme tumbuh kembali,” ungkap Teguh.

Seniman mural lainnya, Istiyani Utami, mahasiswi UAD Jogja mengatakan aksi mural tersebut merupakan pengalaman kali pertamanya. “Tidak mudah membuatnya, tapi senang bisa bergabung dengan seniman-seniman mural senior,” ujar Istiyani. (tom/iwa/mg1)