Indonesia Netaudio Festival di JNM

JOGJA – Bertempat di Jogja National Museum (JNM), Indonesia Netaudio Forum bekerjasama dengan Japan Foundation Asia Center menyelenggarakan pameran “Sharing Over Netizen Explosion”. Dalam pameran yang dibuka untuk umum dan gratis ini dihadirkan 10 karya yang berkolaborasi dengan seniman Jepang.

Ketua Indonesia Netaudio Forum yang juga menjadi penyelenggara acara ini Woto Wibowo mengatakan, pameran ini adalah event yang ketiga kalinya. Internet adalah tempat berbagai hal yang bisa dibagi, oleh karena itu dibentuklah pameran ini untuk membagi berbagai hal termasuk sisi lain dari internet.

Pameran Indonesia Netaudio Festival, Sabtu (18/8) digelar di Jogja National Museum. Pameran ini diselenggarakan untuk bersama-sama mengkaji budaya berbagi dan Intervensi artistik ditengah gegap gempita ledakan informasi para pengguna internet saat ini. (SETIAKY A KUSUMA/RADAR JOGJA)

Selain pameran, juga ada konser musik, diskusi, lokakarya, pasar barter, live cooking, dan file sharing. Woto menambahkan, acara ini akan berlangsung hingga 28 Agustus. “Pengunjung bisa menikmati semua karya secara gratis dari jam 11 siang sampai 20.00,” tambahanya.

Kurator dari pameran ini adalah Riar Rizaldi, seorang seniman dan peneliti media. Dia mengatakan, karya-karya yang dipamerkan mencoba menguak berbagai hal yang ada di internet. Di mana pada acara ini ditampilkan berbagai karya dengan menggunakan segala sesuatu yang ada di internet, seperti konten, sistem komunikasi dan perangkat yang digunakan untuk sebuah jaringan.

“Dalam pameran ini kami mencoba membedah yang ada pada internet, mengambil konsep dari internet, kemudian membentuknya secara artistik,” ujar Riar.

Ia juga mengungkapkan, dalam acara ini pengunjung akan melihat sisi lain dari internet. Karya yang ditampilkan juga berupa representasi tentang bagaimana kondisi manusia dalam berkomunikasi dan karya seni yang berasal dari instalasi jaringan. (cr5/laz/mg1)