SLEMAN – Berbagai macam cara mensyukuri nikmat Tuhan. Salah satunya dengan berbagi ke sesama.
Demikian yang dilakukan siswa SMP Budi Mulia Dua (BMD) Sleman. Mereka menggalang dana untuk membeli hewan kurban. Lantas hewan kurban tersebut dibagikan ke masyarakat.
Penanggung Jawab Kurban SMP BMD Ahmad Yudono mengatakan kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan siswa SMP BMD. Sudah sebanyak 12 kali acara tersebut terselenggara.
“Seluruh hewan kurban merupakan hasil penggalangan dana siswa SMP BMD,” kata Ahmad, Kamis (16/8).

Seluruh dana dikumpulkan ke Student Advisor (SA). Lalu diserahkan ke Student Council (SC). “Jadi semua siswa SMP BMD bergerak,” ujar Ahmad.
Menurut dia, hal tersebut merupakan bentuk pelatihan agar siswa peka terhadap lingkungan. Sehingga timbul rasa peduli antarsesama.
Mereka berhasil membeli 20 ekor kambing. Selain itu, untuk membantu saudara-saudara yang terkena bencana di Lombok, turut dikirimkan bantuan untuk membeli hewan kurban.

“Semoga dapat meringankan beban mereka,” harap Ahmad.
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat, SMP BMD turut membagikan hewan kurban ke masyarakat sekitar. “Ada lima ekor kambing yang kami sumbangkan ke masjid atau masyarakat sekitar,” ujar Ahmad.
Salah seorang siswa SMP BMD Tiara Michellia Setijawan, 12, menyumbang satu ekor kambing. Dia mengaku senang karena membantu sesama. Tiara duduk di bangku kelas 7 bangga bisa menolong sesama.
“Menolong orang lain dimulai dari yang paling dekat,” kata Tiara yang orang tuanya beberapa kali menyumbang hewan kurban. (sce/har/iwa/mg1)