SLEMAN – HUT Kemerdekaan RI ke-73 dirayakan dengan meriah di berbagai lokasi di DIJ, Kamis (16/8). Di Sleman, pengibaaran bendera merah putih raksasa gagal terbentang sempurna. Sedang di Imogiri Bantul, masyarakat menyambutnya dengan karnaval.

MERIAH: Perayaan HUT ke-73 RI diisi dengan kirab budaya, kemarin (16/8). Ada 42 kelompok peserta yang mengikuti kirab dengan start dari pasar lama Imogiri. Mereka berjalan sekitar dua kilometer menuju Lapangan Demi, Imogiri.
(MEITIKA CANDRA L/RADAR JOGJA)

Keinginan untuk melihat bendera merah putih raksasa di tower oleh Pasukan Khas (Paskas) 474 Jogja urung terjadi. Itu karena ada satu sisi yang robek. Tapi masyarakat terhibur dengan atraksi dari Tim Jupiter dan Grob Lanud Adisutjipto yang terbang melintas di atas area drop off Jogja City Mall (JCM).
Sebelumnya, pengunjung sangat antusias menyaksikan aksi dari sejumlah personel Paskhas 474 Jogjakarta yang mengibarkan bendera Merah Putih raksasa berukuran 30×50 meter. Tiga personel TNI AU tersebut melakukan rappeling atau turun menggunakan tali dari puncak gedung. Sayangnya, aksi tersebut tak berjalan mulus setelah sisi kiri bawah bendera robek karena tidak kuat menahan tiupan angin.

“Sedikit kecewa karena bendera raksasa tidak sempurna dikibarkan, tapi ada atraksi pesawat terbang beberapa kali ini cukup menghibur,” ujar salah seorang pengunjung JCM Dewi Utari.
Terlebih saat pesawat Jupiter T50i Golden Eagle beberapa kali melakukan terbang rendah, disusul aksi aerobatik empat pesawat Grob TNI AU lainnya. Ratusan pengunjung langsung histeris ketika pesawat-pesawat tersebut melintas.

“Melihat antusiasnya masyarakat cukup terhibur dengan aksi dari rekan-rekan TNI AU. Kami juga menggandeng AL dan rekan-rekan kepolisian pada acara ini,” ungkap Danrem 072/Pamungkas Jogjakarta Brigjen TNI M Zamroni di sela acara yang juga menampilkan berbagai alat utama sistem persenjataan yang dimiliki TNI dan Polri itu.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama empat hari (16-19/8) sengaja digelar untuk memperkenalkan peralatan tempur yang dimiliki tiga matra TNI serta Polri. Mall dipilih sebagai lokasi acara karena dinilai menjadi tempat berkumpulnya banyak masyarakat. “Ini merupakan agenda rutin, kerjasama dengan TNI-Polri. Tahun ini merupakan tahun ketiga,” ungkap General Manager Jogja City Mall Fery Gunardi.

Kemeriahan tidak hanya di mall, di Imogiri Bantul perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dilakukan dengan pawai budaya. Ada 42 kelompok kelompok menampilkan performance sesuai dengan tema masing-masing desa. Seperti maskot burung Garuda atau tokoh pewayangan. Mereka berjalan sepanjang kurang lebih dua kilometer dari Alun-alun Imogiri ke lapangan Dremi Wukirsari Imogiri.

Selain untuk memupuk rasa kebersamaan, menurut Ketua Pelaksana Karnaval Sudarna kegiatan itu juga menanamkan semangat patriotisme kepada generasi muda. ”Untuk mengingat sejarah para pahlawan masa lampau serta memaknai pentingnya Pancasila,” ungkap Sudarna.

Menurut dia pawai budaya juga digelar dengan semangat untuk menjaga kebersamaan warga. ”Yang terpenting kita sama-sama guyub rukun adem ayem,” sambungnya. (ita/cr6/pra/mg1)