Penggawa Timnas U-19 Rayakan HUT Kemerdekaan RI

JOGJA – Skuad Tim Nasional (Timnas) U-19 menggelar upacara menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI di halaman Hotel UNY kemarin (17/8). Bukan sekadar seremoni belaka, kegiatan ini juga dirangkai dengan berbagai lomba untuk hiburan.

Asisten Pelatih Timnas U-19 Mayor Com Miftahudin Mukson didaulat memimpin jalannya upacara. Lalu dua pemain Timnas U-19 Firza Handika dan Khairul Imam Zakaria dipercaya mengibarkan bendera bersama seorang karyawan hotel.

Sementara Rifat Marasabessy mendapat tugas menjadi komandan pleton. Sedangkan pelatih fisik Nur Saelan, didaulat membacakan teks Proklamasi. Ppemain asal Aceh, Teuku Nur Fadil dalam upacara tersebut dipercaya untuk membaca doa.

Salah seorang penggawa Timnas U-19 Hanis Saghara mengatakan, hari kemerdekaan dijadikan momentum bagi untuk memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia. “Para generasi penerus wajib mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan prestasi,” kata pemain Bali United itu.

Kemerdekaan yang sudah berjalan 73 tahun, menurtutnya wajib disyukuri. Merayakan kemerdekaan sebagai momen mengingat para pahlawan sehingga semangat patriotisme bisa melekat disetiap pemain.

Sementara Miftahudin mengatakan upacara bendera yang digelar dapat menimbulkan jiwa dan semangat patriotisme. Hal itu, bisa menjadi momentum bagi pemain bahwa perjuangan yang dicapai ke suatu tujuan tidak diraih dengan mudah.”Puncaknya meraih prestasi dengan semangat juang yang tinggi,” katanya.

Merayakan upacara kemerdekaan bagi timnas merupakan kegiatan rutin yang dilakukan selama melakukan pemusatan latihan. Selain upacara, juga diselenggarakan berbagai lomba untuk meningkatkan keakraban. “Lupakan sejenak rutinitas latihan yang tinggi,” serunya.

Ada lima macam lomba yang digelar, yakni lomba estafet, makan kerupuk, memasukan belut dalam botol, memindahkan kelereng dengan sendok, memindahkan karet dengan sedotan dan balap karung. “Gembira dan bahagia bisa ikut lomba. Ini bisa melatih kerja sama antara pemain,” kata kiper Timnas U-19 Rakasurya Handika. (bhn/din/mg1)