Masa Jeda, PSS Sleman tanpa Didampingi Seto

SLEMAN – PSS Sleman dipastikan tanpa didampingi pelatih kepala Seto Nurdiyantara, pada latihan jeda kompetisi. Sebab, pelatih asal Kalasan, Sleman itu sedang melanjutkan kursus lisesnsi AFC-Pro. Karena itu, tongkat kepelatihan bagi Dave Mustaine dkk untuk sementara diserahkan kepada Danilo Fernando.

Sejatinya, Seto sudah sejak awal kompetisi menjalani kursus kepelatihan tertinggi di level Asia. Pada pelatihan modul ketiga yang digelar di Bandung dan Bogor ini akan berlangsung hingga akhir Agustus. Seto, sudah berada di Bandung sejak Rabu (15/8) lalu.

Sejumlah pelatih kenamaan pun turut serta ambil bagian dalam kepelatihan ini. Termasuk, Idra Sjafri pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19. Mereka pun mendapat jadwal untuk menyaksikan skuad U-23 yang kini tengah berlaga di Asian Games. ”Saya izin sekitar dua minggu, karena harus melanjutkan kursus kepelatihan,” kata Seto kepada Radar Jogja, Jumat (17/8).

Meski tanpa didampingi pelatih utama, Seto yakin tidak akan mengganggu program latihan akan akan dijalankan selama sebulan. Menurutnya, program latihan yang diberikan kepada skuad Super Elang Jawa, sudah dalam pembahasan pelatih lain sebelum dirinya berangkat ke Bandung. Dia pun percaya, staf pelatih di PSS Sleman mampu menjalankan program latihan dengan baik. ”Lagi pula kami selalu rutin komunikasi. Program apa saja yang telah diberikan dan akan diberikan selalu kami komunikasikan dengan pelatih lain,” kata Seto.

Pola latihan yang akan dijalankan, fokus pada peningkatan fisik dan chemistry pemain. Untuk peningkatan chesmitry, akan banyak digelar games kecil dalam program latihan. Selanjutnya, akan digelar sejumlah uji coba sebagai evaluasi.
Seto, baru akan mendampingi Rifal Lastori dkk, beberapa hari sebelum laga PSS kontra Persegres Gresik di Maguwoharjo, pada 4 September.

PENGALAMAN: Danilo Fernando memberi instruksi kepada para pemain PSS Sleman di Lapangan UNY.
(SETIAKY A KUSUMA/RADAR JOGJA)

Sementara Danilo mengatakan, program yang telah berjalan tetap dalam pantuan pelatih utama. Dua hari yang telah dilewati, latihan difokuskan pada peningkatan stamina pemain.

Saat disinggung mengenai rangkaian uji coba yang akan digelar, dikatakan sesuai rencana akan ada dua laga. Dua laga uji coba melawan tim dari Liga 1 dan Liga 2. Namun, untuk kepastian tim yang akan dihadapi, masih dalam koordinasi pihak manajemen dan klubnya. (bhn/din/mg1)