MAGELANG – Ribuan masyarakat Magelang dan sekitarnya mengelu-elukan si kembar penggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 Amirudin Bagas Kaffa dan Amirudin Bagus Kahfi saat dikirab, Rabu (15/8). Arak-arakan yang membawa duo kribo itu dimulai dari Dusun Sindas, Pancuranmas, Secang Kabupaten Magelang, kemudian melewati Alun-Alun Kota Magelang hingga Kota Mungkid.

“Mas, tolong kasih jalan, biar anak saya bisa jabat tangan dengan Bagas-Bagus,” kata Wahyu M seorang ibu rumah tangga dari Kejuron, Magelang Tengah. Dia berharap anaknya ketularan bisa main bola dengan sebagus Bagas-Bagus. Anaknya yang sekarang masih TK bercita-cita menjadi pemain bola yang profesional. Ya, keluarga ini menjadi satu di antara ribuan masyarakat yang ingin mendekat dan meminta foto bersama serta tanda tangan.

Ya, arak-arakan ini digelar setelah Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang memfasilitasinya. Yakni memberikan kesempatan sekitar satu jam, warga dan para pendukung PPSM Magelang untuk bisa bersua secara dekat dengan si kembar, di Alun-alun Kota Magelang.

Bahkan Dandim 0705/Magelang Letkol Kukuh Dwi Antono memberikan apresiasi kepada Bagas-Bagus berupa beberapa buah bola untuk latihan. Menurutnya, Bagas dan Bagus telah menunjukkan prestasi untuk mengharumkan nama Indonesia.”Harapannya kita semua bisa memberi support tanpa harus terkotak-kotak dengan asal-usul atau lainnya,” ungkap Kukuh.

MERIAHNYA PENYAMBUTAN: Duo kembar Amirudin Bagas Kaffa dan Amirudin Bagus Kahfi saat disambut masyarakat di depan patung Pangeran Diponegoro, Alun-Alun Kota Magelang, Rabu (15/8).
(FRIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA)

Bagas-Bagus yang membawa timnas juara AFF U-16 tahun 2018 diarak keliling Magelang dari rumahnya di Dusun Sindas dengan menggunakan mobil VW. Duo kribo ini didampingi kedua orang tua dan keluarganya, termasuk Duta Wisata Kabupaten Magelang, yang mengendarai VW lainnya. Mereka diikuti puluhan mobil dan ratusan kendaraan roda dua.

PPSM Magelang Fans, sebagai klub yang dibela oleh Bagas-Bagus, ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka berkesempatan untuk memberikan kalung rangkaian bunga dan syal PPSM Magelang. Para fans tersebut sempat juga menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama-sama. “Saya tidak menyangka akan disambut semeriah ini. Senang rasanya dan terima kasih atas doa dan dukungannya selama ini,” ujar Bagus Kahfi.

Bagus yang menjadi top scorer Piala AFF U-16 ini mengutarakan, untuk saat ini belum tertarik untuk terikat kontrak dengan klub manapun yang sudah menawarinya. Ia beralasan akan fokus dulu ke Piala AFC U-16 tahun 2018 di Malaysia. “Saya ingin fokus dulu ka AFC dengan target tembus semifinal dan masuk Piala Dunia U-17,” jelasnya.

Bagas menambahkan, dirinya tertarik untuk bemain di Jepang bersama kembarannya. Karena kompetisi di Negeri Sakura tersebut cukup bagus untuk ukuran Asia. Dia mengaku tertarik bermain di liga Jepang karena menantang. Dia juga sering menonton video-video Jepang dan pemainnya bagus-bagus.”Saya akan berlatih lebih giat lagi,” janjinya.
Usai dari alun-alun, rombongan meneruskan perjalanan ke rumah dinas bupati Magelang untuk menerima penghargaan. (dem/din/mg1)