JOGJA – Wujud kuatnya hubungan kerja sama internasional dengan Khon Kaen University di Thailand, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan seminar internasional dan riset di Gedung Pascasarjana, UMY, Sabtu (11/8). Seminar mengangkat tema “Democracy Updates in Southeast Asia” ini dihadiri 50 peserta, terdiri atas mahasiswa Pascasarjana Khon Kaen University, Pascasarjana MIP UMY, dan mahasiswa exchange Prince Songkla University.
“Secara spesifik seminar membahas perjalanan demokrasi pada konsentrasi Asia Tenggara, melalui perspektif Thailand dan Indonesia,” kata Koordinator Acara Dr phil Ridho Al-Hamdi MA.

Ridho yang juga Direktur Ilmu Pemerintahan Kelas Internasional ini menambahkan, kegiatan ini juga menjadi awal rangkaian kunjungan akademik Khon Kaen University (KKU) di UMY selama 10 hari. Selain seminar internasional juga diadakan lectures discussion selama empat hari yang fokus membahas bidang ilmu sosial, terutama kajian Pemerintahan dan Administrasi Publik.

Ridho berharap adanya kegiatan seperti ini, nantinya akan hidup nuansa akademik di kalangan mahasiswa. “Walaupun masa libur mereka tetap mendapatkan pengetahuan, saling mengenal, tidak hanya tentang Indonesia tapi juga Asia Tenggara dan sekitarnya,” ujarnya.

Hadir sebagai pembicara dari Khon Kaen University Assoc Prof Somnuek Panyasing, dosen Ilmu Pemerintahan UMY Bambang Eka Cahya W, MSi dan dosen Hubungan Internasional UMY Bambang Wahyu N MSi selaku moderator.
Dalam seminar ini, Assoc Prof Somnuek Panyasing dari Khon Kaen University menjelaskan beberapa kondisi terkini demokrasi yang telah dijalankan Thailand, manuver politik, krisis politik yang terjadi hingga berlakunya beberapa konstitusi Thailand. Sedang dari Indonesia yang diwakili Bambang Eka Cahya memaparkan situasi demokrasi terkini di Indonesia.

Banyaknya jumlah parpol menandakan situasi demokrasi yang dinamis. Namun muncul koalisi antarpartai politik yang tidak sama antara daerah pada pemilu ini. Hal ini berakibat ada kawan dan lawan berbeda di tiap-tiap daerah. (sce/laz/mg1)