JOGJA – Setelah mendapatkan libur selama lima hari, skuad PSIM Jogja mulai berkumpul hari ini. Di hari pertama pasca liburan, para pemain digenjot dengan program latihan fisik.

Pelatih PSIM Jogja Bona Simanjuntak mengatakan, hari pertama latihan akan diserahkan pada pelatih fisik. Setidaknya para pemain akan mendapatkan tujuh kali latihan fisik, hingga bergulir kompetisi September mendatang.”Kami fokuskan pada persiapkan fisik pemain, sehingga saat dimulai kompetisi kondisi terjaga dengan baik,” kata Bona kepada Radar Jogja, Rabu (15/8).

Bona menyebut, secara umum kondisi fisik pemain selama menjalani Liga 2 cukup baik. Namun, karena ada jeda kompetisi yang cukup panjang, latihan fisik bagi pemain sangat diperlukan dan intensitas waktu lebih ditingkatkan.
Apalagi, dengan waktu bermain minim dan uji coba yang belum pasti, upaya menjaga fisik pemain sangatlah diperlukan.

Sedangkan untuk latihan teknis, eks pemain PSMS Medan ini menyebut tidak banyak perubahan. Namun, yang menjadi sorotan adalah, koordinasi lini pertahanan yang tidak maksimal dalam putaran kedua akan ditingkatkan pada masa jeda ini.

Meski begitu, Bona tidak menyalahkan sepenuhnya kekalahan di dua laga putaran kedua karena lini belakang yang buruk.”Dua laga terakhir kami bermain baik. Kekalahan lebih karena faktor kepemimpinan wasit yang banyak merugikan kami,” keluh Bona.

Sementara saat disinggung mengenai keberadaan tiga pemain baru, Bona mengaku cukup puas. Menurut dia striker Hasan Bisri dan bek sayap Risman Maidullah sudah menunjukkan progres yang cukup baik. Sedangkan M Sulthon, pemain anyar yang belum dimainkan, menurut Bona, menunjukkan adaptasi yang cukup baik bersama tim.

”Kalau dipantau dari pemain yang sudah bermain (Hasan dan Risman), kami cukup puas. Sedangkan Sulthon belum bermain, namun perkembangan selama latihan cukup baik,” jelasnya.
Manajer PSIM Jogja Erwan Hendarwanto berharap masa libur yang telah dijalani para pemain, bisa membangkitkan semangat bertanding kembali dalam memasuki Liga 2 pada September nanti. ”Saya harap mereka lebih fresh, dan kembali berjuang,” harapnya.

Sedangkan untuk persiapan uji coba, PSIM dijadwalkan bertemu dengan tim Liga 1 PSIS Semarang. Laga tersebut, rencananya akan digelar di Magelang 25 Agustus mendatang. (bhn/din/mg1)