SLEMAN – Warga Karakan 06, Sidomoyo, Godean mengadakan merti dusun untuk kali pertama kemarin, Rabu (15/8). Acara itu untuk mengikat tali persaudaraan masyarakat sekaligus menyambut HUT ke-73 RI.
Selain warga, kirab juga diikuti pelajar yang sekolah di wilayah Karakan. Diawali dengan pembukaan oleh Camat Godean Ahmad Yuno, acara berlangsung meriah.

“Kami mengapresiasi warga yang dapat bergotong royong menyukseskan acara tersebut,” ungkap Yuno.
Wakil ketua pelaksana Warjiono mengatakan kirab tersebut untuk memajukan Dusun Karakan. Agar semakin dikenal masyarakat.
Kirab budaya termasuk rangkaian merti dusun. Sebelumnya telah digelar pengajian dan pentas jatilan. “Kami rutin mengumpulkan uang untuk acara tersebut,’’ kata Yuno.

Kirab menampilkan bermacam hiburan. Mulai pesta kostum pewayangan, pertunjukan gamelan, arakan ogoh-ogoh celeng-buto hingga tarian khas jawa.
Salah seorang peserta kirab Lupianti mengaku senang turut dalam acara tersebut. Acara tersebut mendorong kreativitas anak muda. “Walaupun tampilan saya sederhana, saya tetap tenang,” ujar Lupianti.
Acara dimulai pukul 14.00. Peserta kirab berkumpul di titik nol Dusun Karakan 06. Dilanjutkan kirab mengelilingi Desa Sidomoyo. (mg4/iwa/mg1)