SLEMAN – PSS Sleman memulai program latihan setelah diliburkan selama empat hari pada masa jeda kompetisi di Stadion Tridadi, Rabu (15/8). Latihan perdana skuad Super Elang Jawa ini diisu dengan dengan pengondisian fisik pemainnya.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengatakan, program pelatihan fisik akan diberikan selama sepekan. Kemudian, para pemain akan mendapatkan program teknik hingga dilanjutkan dengan uji coba. “Namun, porsi latihan yang diberikan tidak seberat di awal kompetisi,” jelasnya.

Seto mengatakan, persoalan fisik skuadnya cukup tampak menjelang laga akhir putaran pertama kompetisi Liga 2. Kerap kali, permainan tidak konsisten lagi saat memasuki menit-menit akhir pertandingan. “Kerap kedodoran di menit-menit akhir, sehingga terjadi kesalahan elementer yang tidak perlu. Itu dikarenakan fisik kedodoran,” kata Seto.

Selanjutnya, program latihan selama jeda fokus pada teknik dan taktikal permainan tim. Masih terdapat sejumlah catatan yang menjadi pekerjaan PSS Sleman untuk memasuki kompetisi pasca jeda.
Menurut Seto, formula yang sudah dirumuskan masih belum stabil saat diterapkan dalam pertandingan, terutama beberapa laga terakhir. Terlebih saat ini bergabung pemain baru di dalam tim inti PSS Sleman seperti Jodi Kustiawan dan A Marzukih.

Diharapkan dengan latihan selaman jeda kompetisi ini, permainan tim bisa sesuai dengan ekspektasi juru taktik asal Kalasan ini. ”Taktika yang kemarin masih belum stabil, jeda kompetisi ini menjadi kesempatan untuk lebih mempertajam,” paparnya.

Di sisi lain, PSS Sleman juga merencanakan pertandingan uji coba untuk mengisi latihan selama jeda kompetisi ini. Beberapa tim dari Liga 1 dan Liga 2 mulai dibidik untuk diajak uji coba. Sejumlah tim, sebut Seto, sudah dikantongi untuk menggelar laga ujicoba. “Kepastiannya dari manajemen,” tegasnya.
Disebutkan, untuk tim dari liga 1, jadwal uji coba rencana akan digelar 26 Agustus mendatang. Hanya, Seto sendiri masih enggan menyebut lawan tandingnya sebelum ada kepastian. ”Soal lawannya nanti dulu, kalau sudah pasti akan kami sebutkan,” jelasnya.

Uji coba tersebut dibutuhkan untuk melihat kembali kesiapan tim menghadapi laga lanjutan Liga 2. Selain itu, dia pun berharap permainan tim makin tajam pada sesi uji coba tersebut. Laga uji coba pun menjadi kesempatan untuk melihat peforma penggawa baru yang belum dimainkan yakni Taufik Febrianto dan Rian Maizar. (bhn/din/mg1)