JOGJA – “Bener lan Pener” diangkat menjadi tema besar dari Inisiasi Fakultas Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Tema ini memiliki makna mengajak para mahasiswa baru dapat berpikir matang dan kritis.

Tema “Bener lan Pener” dikemas oleh setiap fakultas dengan rangkaian dan skema acara yang berbeda.

“Dari tema itu menjadi acuan kami bagaimana berdinamika dalam rangkaian acara inisiasi ini, dengan tidak meninggalkan nilai keatmajayaan,” ujar Ketua Inisiasi Fakultas Hukum 2018 Doby Agustinus Situmorang.

Menariknya dari inisiasi UAJY ini adalah beberapa fakultas melakukan kerjasama dengan pihak luar kampus untuk rangkaian acara inisiasi. Fakultas Teknobiologi yang melakukan pelepasan anak penyu di Pantai Pelangi, Bantul bersama seluruh mahasiswa baru Fakultas Teknobiologi.

Fakultas Hukum memiliki sesi site visit di mana mahasiswa baru melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Jogja dan Sleman, Pengadilan Militer, Pengadilan Agama, dan instansi lain yang memiliki andil dalam menangani kasus hukum.

Tak kalah menarik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik turut melakukan social visit dengan 10 komunitas di Jogjakarta.

“Kami ingin memberi inisiasi yang informatif namun tidak dengan cara kekerasan, melainkan dengan cara merangkul para mahasiswa baru agar mampu berkomunikasi dan menjalin hubungan baik antar teman maupun dengan panitia,” ungkap Koordinator Acara Inisiasi Fakultas Teknik 2018 Bimo Susetyo.

Setelah inisiasi fakultas, akan diadakan inisiasi universitas yang akan berlangsung pada tanggal 18-19 Agustus 2018. (ila)