KULONPROGO – Warga Panjatan dibantu 10.000 ekor itik. Bantuan tersebut senilai Rp 1,5 miliar. Berasal dari Zakat Community Development Badan Amil Zakat Nasional (ZCD Baznas) Pusat, Baznas DIJ dan Baznas Kulonprogo.
“Selain itik, juga diberikan subsidi pakan selama dua bulan dan bantuan pembuatan kandang Rp 500 ribu,” kata Kepala Perekonomian Baznas Pusat Eka Budhi Sulistyo saat peluncuran ZCD Program Budidaya Itik Petelur di Aula Desa Depok, Panjatan, Selasa (14/8).

Hadir dalam acara tersebut Assek I Setda Kulonproto Jumanto, Kepala Baznas DIJ Agus Sunarto, dan Kepala Baznas Kulonprogo Abdul Madjid.
Eka mengatakan bantuan yang diberikan termasuk bantuan yang luar biasa. Sebab bersumber dari muzaki atau orang-orang yang membayar zakat.
Diharapkan para penerima bantuan bisa merawat itik dengan baik dan bisa bertelur. Sehingga bisa membantu pengembangan perekonomian Panjatan.
Abdul mengatakan kegiatan tersebut merupakan implementasi UU 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat. “Kali ini untuk memelihara itik petelur di Panjatan,” kata Abdul.

Selain pemberdayaan, jika bantuan dikelola dengan baik bisa mengurangi kemiskinan. “Minimal untuk pemenuhan gizi keluarga khususnya penerima manfaat,” ujar Abdul.
ZCD bisa menciptakan branding desa mandiri dan unggul. Sejalan dengan tujuan utama yakni terwujudnya masyarakat mandiri dan sejahtera.
“Kemandirian masyarakat muncul, jaringan sosial ekonomi kemasyarakatan muncul, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kesejahteraan, dan kemandirian masyarakat,” kata Abdul. (tom/iwa/mg1)