SLEMAN – Sampai dengan hari ketiga pemusatan latihan skuad tim nasional (Timnas) U-19 di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), belum diikuti beberapa pemain bintang.

Dari pantauan Selasa  (14/8) pagi, terdapat sejumlah pemain yang dipanggil pelatih Indra Sjafri, belum ikut serta berlatih. Mereka yakni, kiper Barito Putera, M Riyandi, Rahmat Irianto (Persebaya), David Rumakiek dan Todd Rivaldo (Persipura), Asnawi Mangkualam (PSM), M Raffi Syarahil (Barito Putera) serta Saddil Ramdani (Persela).

Saddil saat ini tengah bersama Timnas U-23 di ajang Asian Games 2018. Satu nama lain yang masuk dalam skuad Garuda Muda namun belum bergabung yakni, pemain asal klub Lechia Gdanks, Polandia, Egy Maulana Vikri. Saat ini, Egy dikabarkan masih membela klubnya.

Sebayak 33 pemain dijadwalkan akan menjalani training camp (TC) yang digelar di Jogjakarta hingga akhir Agustus. Indra Sjafri menjelaskan, untuk pemain yang tengah bermain di Liga Indonesia, kemungkinan besar sudah bisa bergabung dalam waktu dekat. Sedangkan untuk pemain tampil dalam Asian Games, dipasatikan akan merapat sesuai gelaran kejuaran tingkat Asia itu usai. ”Kami memang masih seleksi. Untuk pemain yang belum bisa bergabung karena alasan tertetu terus kami pantau,” jelas Indra Sjafri.

Dari 33 nama itu, 11 pemain merupakan nama baru. Para pemain baru sebenarnya adalah pemain yang sudah sempat mengikuti seleksi beberapa waktu lalu. Di sektor penjaga gawang, ada sosok Muhammad Adisatryo dari SKO Ragunan sebagai pendatang baru. Untuk lini belakang, Habel Boaz Inzaghi Isir (Perseru Serui) dan Anan Mirgaf Lestaluhu (Persija). Selain itu ada juga Kahar Muzakar (Persikota Tangerang) dan Aulia Hidayat (Borneo FC). “Setelah pekan ini, kami akan ciutkan menjadi 28-30 pemain saja,” jelasnya.

Sebanyak enam laga uji cobadisiapkan oleh Indra Sjafri, sebelum berlaga di Piala AFC U-19 2018 Oktober mendatang. Sebelum terjun ke medan perang sesungguhnya sejumlah tim akan dibidik, untuk mengasah kemampuan Garuda Muda. Satu laga uji coba yang sudah dirilis adalah melawan tim Liga 2 2018 wilayah barat, Semen Padang. Laga latih tanding nanti rencananya digelar pada 25 Agutus mendatang di Padang. “Untuk laga internasional ada dua atau tiga kali. Untuk lawannya saat ini PSSI masih melakukan penjajakan,” tambah Indra Sjafri. (bhn/din/mg1)