Penghargaan diberikan bupati Magelang kepada putra daerah yang berprestasi dan sejumlah anggota forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). Itu sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas kontribusi dan kerja sama positif dari setiap instansi dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Magelang. Pemberian penghargaan bertepatan momentum HUT ke-73 RI.

“Penghargaan itu merupakan apresiasi wujud kebersamaan semua elemen dalam membangun kondusivitas di wilayah Kabupaten Magelang,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam silaturahmi bersama SKPD dan jajaran Forkompimda di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (14/8).

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan penghargaan kepada Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo. Kemudian kepada Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang Eko Hening Wardono.BE

“Apresiasi kinerja itu berkaitan dengan momen Hari Raya Idul Fitri maupun Pilkada Serentak 2018, sehingga berjalan lancar dan aman. Karena kondusivitas merupakan modal untuk kelangsungan pembangunan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, penghargaan juga telah disiapkan Pemkab Magelang untuk pesebakbola kembar Bagas Kaffa dan Bagus Kaffi. Seperti diketahui, duo kembar itu telah berprestasi di dunia olahraga, salah satunya dalam Piala AFF U-16 belum lama ini. Rencananya pemberian hadiah akan dilakukan dalam sebuah upacara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, siang ini.
“Hadiah yang paling indah telah kami siapkan untuk Bagus dan Bagas. Itu merupakan wujud terima kasih dari warga Magelang karena mereka telah mengharumkan nama daerah dan Indonesia di kancah internasional,” ungkapnya.

Hadiah akan diberikan dalam bentuk tabungan, mengingat latar belakang pendidikan pesebak bola Bagas dan Bagus yang sempat terlunta-lunta karena tidak diterima bersekolah di Kabupaten Magelang. Selain apresiasi, bupati juga menjamin kelangsungan pendidikan layak bagi keduanya maupun pelajar berprestasi lainnya.

“Bagi anak-anak berprestasi, seperti Bagas dan Bagus dijamin diterima di sekolah-sekolah di Kabupaten Magelang. Jika ada sekolah yang menolak anak berprestasi, silakan langsung lapor dan akan langsung saya evaluasi,” tegasnya.
Pemberian penghargaan itu sudah menjadi tradisi di lingkungan Pemkab Magelang di setiap perayaan Hari Kemerdekaan. Selain sebagai wujud apresiasi, penghargaan juga diharapkan menjadi motivasi meraih prestasi bagi yang lain.
Berbagai kegiatan menarik lain akan digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan. Dimulai dengan lomba foto pada 1-22 Agustus, car free day pada tanggal 12 dan 19 Agustus. Khusus pelajar, ada kegiatan apresiasi dan workshop film pada 13-31 Agustus. Juga telah disiapkan hiburan rakyat berupa kesenian tradisional, parade gebyar seni budaya dan festival gunungan pada 19 Agustus, karnaval semarak antar kecamatan pada 17-30 Agustus.

“Tak kalah unik dan menarik yakni lomba senam antarsanggar dan lomba custom komunitas bank sampah pada 19 Agustus,” tandas bupati. (dem/laz/mg1)