Seminar Nasional Hildiktipari di AMPTA Jogja

SLEMAN – Seminar Nasional Hildiktipari (Himpunan Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia) DPW V diadakan di Joglo STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) AMPTA Jogja kemarin. Seminar tersebut membahas strategi pengelolaan jurnal dan database SINTA Science and Technology Index untuk meningkatkan pemeringkatan perguruan tinggi.

Acara dibuka Ketua Umum Hildiktipari Suhendroyono. Seminar tersebut untuk menambah wawasan pengelolaan jurnal dan database SINTA yang merupakan portal pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi kinerja peneliti, jurnal, penulis institusi Iptek.

Seminar juga mendorong mahasiswa dan dosen dapat memberikan kontribusi penelitian dan pengabdian di perguruan tinggi. “Selain mengajar harus dapat berkontribusi,” ujar Suhendroyono.

Ketua STP AMPTA Prihatno mengatakan pemeringkatan perguruan tinggi merupakan bentuk akuntabilitas dan cara efektif menilai perguruan tinggi. “Peringkat sebagai tolok ukur masyarakat menyekolahkan anaknya,” kata Prihatno.

Pembicara yang membahas strategi pengelolaan jurnal Sidiq Wicaksono (Editor in Chief jurnal pariwisata terapan). Pembicara strategi pengelolaan database SINTA Ali Hasan (STP AMPTA).

Sidiq mengatakan hal terpenting membuat jurnal adalah menghindari plagiatisme. Karena hal tersebut akan terdeteksi dan berdampak buruk bagi penulis maupun perguruan tinggi. “Karena ada pendeteksi Turnitin,” ujarnya. (*/mg4/iwa/mg1)