Sukses kembar Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi menjadi penggawa Timnas U-16 menjuarai Piala AFF masih ramai dibicarakan di Magelang. Ada berbagai rencana yang akan digelar untuk menyambut mereka.

Frietqi Suryawan – Mungkid

Akhir pekan lalu, banyak kegiatan nonton bareng (nonbar) digelar agar bisa menyaksikan Final Piala AFF U-16. Salah satunya di Dusun Sindas, Pancuranmas, Secang, Kabupaten Magelang. Dusun tersebut merupakan tempat kelahiran Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi, dua pemain Timnas Indonesia U 16.

Selain di Sindas, Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang juga menjadi tempat nonbar. Hadir Bupati Zaenal Arifin, Kapolres AKBP Hari Purnomo, jajaran kepala OPD maupun masyarakat sekitar. Mereka larut dalam ketegangan pertandingan yang akhirnya dimenangkan Indonesia dengan skor 5-4 melalui adu penalti.

Respons positif langsung diberikan bupati. Apalagi dua gol dalam pertandingan final tersebut disumbangkan Bagus Kaffi. Dia langsung berjanji akan menyambut kepulangan dua penggawa Garuda Asia tersebut. “Insya Allah kami akan siapkan penghargaan. Mungkin kita juga akan ajak berkeliling di Kabupaten Magelang,’’janjinya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Pemkab Magelang Iwan Sutiarso, juga turut mengapresiasi prestasi yang telah diraih Timas Indonesia U 16. Terutama Bagas dan Bagus.”Ini menunjukan bahwa pembibitan dan pembinaan merupakan suatu bagian penting. Dan kami berharap, ke depan bisa memotivasi bagi generasi muda yang lain,” tuturnya.
Saat ini memang sedang dibahas soal penyambutan maupun prosesi arak-arakan. Tetapi hingga saat ini belum bisa final. Karena terkendala kegiatan serupa yang juga digelar pemerintah pusat dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga, juga pihak Pemprov Jawa Tengah. “Pak gubernur juga memanggil kami untuk menghadap beliau di Semarang,” kata Yuni Puji Istiono, orang tua Bagas-Bagus.

Tetapi rencana yang sudah sempat dibahas, akan ada arak-arakan pada Hari Rabu (15/8) dari Sindas menuju Kota Mungkid. Rutenya melewati Secang-Kota Magelang-Mertoyudan. Dilanjutkan dengan pertemuan dengan Bupati Magelang di Pendopo Rumah Dinas.

Ari Susanti ibu dari Bagas dan Bagus mengaku sangat terharu kedua anaknya bisa membawa timnas juara dan mengharumkan nama bangsa. Usai menjuarai Piala AFF U-16 tahun 2018, Ari berharap kedua anaknya untuk tetap rendah hati dan harus meningkatkan skillnya dengan rajin berlatih “Jangan sombong, tetap buat bangga orang tua dan bangsa. Kami dukung terus karirnya,’’ tandasnya. (din/mg1)