JOGJA – PSIM Jogja akan memanfaatkan jeda kompetisi untuk menggelar laga uji coba. Tidak hanya dengan klub selevel, klub dari Liga 1 rencananya akan dibidik menjadi lawan.

Ketua Panitia Pelaksana PSIM Jogja Wendy Umar mengatakan, dari komunikasi dengan tim pelatih dan manajemen, pihaknya diminta menyiapkan beberapa laga uji coba kandang. Sejumlah tim dari Liga 1 yang akan dibidik nantinya seperti PSIM Semarang, Semen Padang maupun Barito Putra. ”Peluang besar memang ada di Semen Padang yang tengah melakukan pemusatan latihan di Jogja,” kata Wendy, Senin (13/8).


Kepastian uji coba dengan tim Liga 1 baru bisa terlaksana setelah dilakukan rapat dengan pihak manajemen. Selain itu, pihaknya pun masih menunggu kepastian untuk bisa menggunakan Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul untuk menggelar laga uji coba ini.

Peluang PSIM Jogja untuk bisa menggelar laga ujicoba di SSA pun fifty-fifty. Sebab, pasca kericuhan suporter yang terjadi pasca pertandingan PSIM Jogja kontra PSS Sleman, aparat kepolisian pun telah memberi warning, perihal izin pertandingan PSIM di Bantul. “Tanpa adanya izin dari aparat kepolisian, laga persahabatan pun tidak akan bisa digelar,’’ jelasnya.

Menanggapi persoalan perizinan tersebut, pria yang juga wasit nasional ini mengatakan, masih akan menunggu surat resmi dari Bupati Bantul Suharsono, perihal kepastian PSIM Jogja meminjam SSA sebagai tempat untuk menggelar laga.

Sebab, tak bisa dipungkiri pasca ricuh suporter ada kekhawatiran kejadian serupa akan terulang. Maka tak heran, pasca kiricuhan, izin pertandingan kandang kontra Blitar United tidak diberikan. Manajemen Laskar Mataram memilih mengungsikan laga kandang ke Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap, Jawa Tengah. “Pasca insiden tersebut memang membuat posisi kami untuk dari awal lagi mengurus izin-izin. Ini masih menunggu surat jawaban dari bupati Bantul,” sambung Wendy.

Lebih lanjut Wendy berharap khususnya laga usai jeda kompetisi pada 5 September nanti yakni kontra PSBS Biak di kandang dapat terealisasi di SSA. “Apalagi tanggal 5 September itu bertepatan dengan hari lahirnya PSIM,” tandas Wendy.

Sementara itu pelatih Bona Simanjuntak berharap laga uji coba dengan tim selevel maupun Liga 1 bisa terlaksana. Uji coba bagi skuadnya sangat bermanfaat di saat kompetisi vakum dalam waktu cukup lama.”Uji coba sebagai evaluasi apakah pola latihan berhasil atau tidak. Kami inginkan klub selevel atau pun di atas guna mengukur kemampuan kami,” jelasnya. (bhn/din/mg1)