KULONPROGO – Siswa SMKN 1 Wates menggelar pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) kemarin. Kegiatan tersebut sebagai pembinaan pemilih pemula menghadapi Pilpres April 2019.

Pemilos digelar layaknya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu). Enam kandidat ketua OSIS yang bersaing melalui proses pendaftaran dan kampanye.
Calon pemilih juga dibekali kartu pilihan dan melakukan pencoblosan di bilik suara. Mereka bisa memilih satu kandidat yang dinilai pas sesuai visi dan misi yang disampaikan dalam kampanye.

“Pemilos sudah menjadi agenda tahunan di sekolah kami. Tujuannya, mengajarkan demokrasi dan mendapatkan pemimpin yang baik dengan sistem langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Guru Pembimbing OSIS SMKN 1 Wates Sulhan Fauzi.

Menurut dia, dengan pembelajaran tersebut diharapkan siswa yang menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2019 bisa paham cara menggunakan haknya dalam pesta demokasi. “Pemilos diikuti 950 siswa,” ujar Sulhan.

Sebanyak 100 guru dan pegawai di lingkungan sekolah juga ikut memilih. Semua mendapat hak sama untuk memberikan suara kepada kandidat pilihan. Kandidat terpilih akan menjabat Ketua OSIS satu tahun.

“Sebagian siswa bertugas sebagai panitia. Disediakan bilik ada kartu suara plus tinta yang digunakan untuk menandai siswa sudah mencoblos atau belum,” kata Sulhan.

Peserta pemilos, Medi Alfitriyana, mengatakan Pemilos menjadi persiapan dan latihan pemilih pemula untuk Pilpres 2019. Apalagi banyak yang belum pernah mengikuti pemilu karena umurnya baru masuk daftar pemilih pada Pemilu 2019.
“Dengan ikut Pemilos saya bisa mendapat gambaran bagaimana cara menggunakan hak suara,” ujar Medi. (tom/iwa/mg1)