SLEMAN – Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggugah kepedulian masyarakat DIJ. Itu dibuktikan dengan pengiriman berbagai bantuan Minggu (12/8). Rencananya, hari ini delapan relawan Jogja Peduli Gempa Lombok bakal diberangkatkan ke lokasi bencana.
Penanggung Jawab Jogja Peduli Lombok Reno Candra Sangaji menyebutkan, total bantuan yang terkumpul dari masyarakat senilai Rp 74.090.700. Namun, donasi tahap pertama yang dikirimkan ke Lombok baru senilai Rp 31.490.500. Itu berupa berbagai barang yang dibutuhkan pengungsi. Seperti sembako, perlengkapan bayi, obat-obatan, alas tikar dan terpal, hingga peralatan pertukangan.

”Ini merupakan hasil donasi dari masyarakat baik dari dalam maupun luar wilayah Condongcatur,” kata Reno, Senin (13/8).
Rino sengaja membagi pengiriman bantuan dalam tiga tahap. Pertimbangannya, perjalanan yang rawan, medan tempuh, dan kebutuhan masyarakat. Nah, delapan relawan yang berangkat hari ini bertujuan untuk melakukan observasi. Selama sepekan mereka bakal melakukan observasi di lokasi bencana.

”Mereka dibekali sepeda motor trail untuk menembus medan. Hasil observasi akan dilaporkan kepada kami,” ujarnya.
Berbekal laporan ini, bantuan tahap kedua rencananya dikirim Sabtu (18/8). Terkait saldo bantuan, Reno menyebut hingga kemarin tersisa Rp 42.600.200.
”Saldo Dana yang tersisa nantinya akan digabungkan dengan sumbangan berikutnya yang akan diberangkatkan di tahap kedua,” tegasnya.

Kepala Desa Condongcatur ini menambahkan, posko induk Peduli Gempa Lombok berada di Kantor Balai Desa Condongcatur, Depok, Sleman. Ini dirancang Pemerintah Desa Condongcatur bekerja sama dengan Relawan Condongcatur (RCC), Komunitas Sepeda Algojo, Madawerna dari UNY, Posko Induk Balerante, dan Komunitas Gowes Bareng (Gobar). Juga pamong desa, staf balai desa hingga seluruh RT/RW yang berada di wilayah Condongcatur.
Siapa yang dikirim ke Lombok? Menurutnya, delapan relawan dari berbagai komunitas.

”RCC satu orang, Posko Induk Balerante dua orang, dan Madawerna dari UNY lima orang. Mereka juga resmi kami beri surat tugas,” ujarnya.
Melalui Posko Jogja Peduli Gempa Lombok, Reno menekankan, masih membuka penyaluran donasi. Toh, bantuan tahap ketiga bakal dikirim Selasa (28/8). (*/zam/mg1)