SLEMAN – Skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 kembali menjalani training camp di Jogjakarta sebagai persiapan Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang. Rencananya, skuad asuhan Indra Sjafri ini akan melakukan TC hingga akhir Agustus.

Pumasatan latihan digelar di Lapangan UNY. Sampai dengan Senin (13/8), sekitar 26 pemain telah bergabung dengan skuad Garuda Muda. ”Ada sebelas nama baru yang kami panggil untuk mengikuti TC,” kata Indra Sjafri.
Dijelaskan, dari sebelas nama pemain anyar yang mengikuti TC, memang sebelumnya pernah mengikuti seleksi tim nas U-19 di bawah asuhannya.

Tim pelatih secara intensif melakukan pengamatan kepada para pemain yang bermain secara reguler di klub-klub Liga 1. Sebut saja nama Syahrian Abimanyu yang memperkuat Sri Wijaya FC, Juliano (PS Tira) dan juga Firza (PSMS Medan) merupakan jajaran pemain Liga 1 yang sudah ikut serta dalam TC kemarin. ”Ada beberapa pemain yang sudah bermain reguler di Liga 1.

Setelah saya pantau, ada perkembangan yang cukup signifikan,” kata Indra Sjafri. Dari TC ini, Indra Shafri nantinya menetapkan sekitar 28-30 nama untuk membela timnas muda, tampil di Piala AFC 2018. Selain latihan reguler, para skuad Garuda Muda direncakan menggelar sejumlah uji coba. ”Yang sudah fix melawan Semen Padang 25 Agustus nanti,” katanya.

Indra mengatakan, Jogjakarta akan dijadikan base camp latihan sebelum nanti beranjak ke Jakarta. Dia berharap selama di Jogjakarta, akan bisa melakukan sejumlah uji coba dan mendapatkan lawan yang baik. “Saya ingin ada banyak uji coba baik dengan tim lokal maupu luar,’’ terangnya.

Setelah melakukan pemusatan latihan di Jogjakarta, timnas U-19 akan banyak menggelar latihan di Jakarta. Besar kemungkinan Timnas U-19 menggunakan Stadion Gelora Bung Karo, sebagai salah satu tempat pemusatan latihan. Hal tersebut bisa dimaklumi, sebab SGBK menjadi salah satu vanue Piala AFC U-19.

Di stadion yang dibangun oleh Presiden pertama RI itulah nantinya Indonesia menghadapi lawan-lawan tangguh di Grup A. Uni Emirat Arab (UEA), China Taipe, dan Qatar menjadi lawan yang sudah menunggu Garuda muda. Apalagi, pada gelaran Piala AFC kali ini Indonesia ditargetkan lolos ke semifinal untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Polandia. (bhn/din/mg1)