SLEMAN – PSS Sleman memberikan waktu empat hari bagi skuadnya untuk menjani libur sebelum menjalani pemusatan latihan pada masa jeda kompetisi. Pelatih PSS Seto Nurdiyantara mengatakan akan memperbanyak porsi latihan fisik kepada pemainnya sebelum kembali menjalani kompetisi. ”Fokus kami meningkatkan fisik pemain, karena pertandingan putaran kedua ini lebih intens,” kata Seto, Senin (13/8).

Ya, saat ini PSS Sleman tengah bersaing mengamankan empat besar untuk bisa memperebutkan tiket ke Liga 1. Pesaing-pesaing kuat seperti Madura FC, Kalteng Putra, dan PS Mojokerto Putra pun bersaing pun tengah mempersiapan skuad mereka untuk bisa tampil maksimal setelah jeda.

Sampai dengan laga terakhir di Sumenep, melawan Madura FC, Seto melihat masih ditemukan persoalan fisik pemain. Hal tersebut, cukup dimaklumi. Menurut Seto, ketatnya jadwal kompetisi di putaran pertama membuat fisik pemain kerap kedodoran saat pertandingan. ”Putaran kedua akan lebih ketat lagi. Apalagi bila kami bisa lolos, persaingan semakin berat,” jelasnya.

Masa jeda pun akan menjadi kesempatan PSS untuk memperkokoh permainan tim dengan masuknya sejumlah penggawa baru. Jodi Kustiawan, Try Hamdani, A.Marzukih, Rian Miziar, dan Cristian Gonzales dan Taufik Febrianto adalah sejumlah nama yang didatangkan PSS pada putaran kedua. Dari sebagian meraka ada yang telah bermain secara reguler ada pula yang masih menunggu di bench untuk dimainkan.

Disinggung terkait performa Taufik Febrianto, gelandang anyar yang didatangkan dari Persiwa Wamena di detik-detik akhir tranfer, Seto mengatakan sejauh ini progresnya cukup baik. Pada laga melawan Madura FC, pemain PPLM tersebut meman belum diturunkan oleh Seto.

Selama di Persiwa, Taufik dikenal sebagai gelandang bertahan yang berani memutus laju serangan lawan. Karakter ngotot menjadi ciri khas pemain yang disebut-sebut sebagai “Hariono muda” ini. ”Taufik gelandang pekerja keras. Semoga dia bisa cepat beradaptasi dan memperkuat PSS Sleman di laga berikutnya,” kata Seto.

Rencananya, Rabu (15/8) besok skuad PSS sudah kembali berkumpul dan akan melakukan latihan perdana pasca libur pendek. ”Kami libur tidak lama karena harus mempersiapkan tim dengan baik,” tambahnya.

Manejer PSS Sleman Sismantoro menjelaskan, perekrutan pemain di putaran kedua sepenuhnya rekomendasi yang diajukan oleh pelatih. Dia berharap para pemainnya bisa segera nyetel selepas jeda kompetisi. ”Jadi ada untungnya libur karena kami bisa menyatukan chemistry,” jelasnya. (bhn/din/mg1)