SLEMAN – Persiapan Porda DIJ 2019, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Sleman melakukan seleksi atlet-atlet muda panjat tebing sirkuit II. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 11 hingga 12 Agustus 2018 di Fitriyani Climbing Arena (FCA), kompleks GOR Klebengan Sleman, Sabtu (11/8) lalu.

”Yang memenuhi kriteria akan kami ambil untuk Porda,” kata Ketua Harian FPTI Sleman Heri Indriyanto.
Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan atlet dari FPTI Kabupaten Sleman di bawah naungan berbagai klub panjat tebing. Terdapat juga atlet di luar Sleman, namun hal tersebut hanya sebatas ekshibisi dan tidak akan turut serta dalam ranking kejuaraan.

”Kategori dalam sirkuit seri II ini adalah bolder dan speed yang akan menjadi pilihan dalam ajang kali ini. Dalam penyisihan ini kami akan ambil dua puluh atlet,” ujarnya.
Heri menjelaskan, seleksi sebelumnya sudah dilaksanakan pada Juni di sirkuit I, kemudian untuk September mendatang akan dilaksanakan sirkuit III. Para pemenang dan atlet masuk kriteria akan mendapat hadiah berupa piagam dan medali guna memegang tiket untuk maju dalam Porda DIJ.

Selain seleksi, kegiatan tersebut juga dimeriahkan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus untuk mendukung atlet Sleman dalam cabang olahraga panjat tebing di Asian Games 2018.
”Sleman mengirim dua atlet dalam perhelatan kejuaran tingkat Asia tersebut yaitu Fitriani dan Seto,” ungkapnya. (mg4/ila/mg1)