PENGUATAN KARAKTER: Kegiatan Pramuka di SMPN 1 Jogja. Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan yang diutamakan di sekolah. (VITA WAHYU HARYANTI/RADAR JOGJA)

Besok, 14 Agustus 2018, diperingati sebagai Hari Pramuka. Sesuai dengan artinya Jiwa Muda yang Suka Berkarya (Praja Muda Karana), semangat kemandirian dan berdaya digelorakan lewat beragam kegiatannya. Tepat di usianya yang ke-57, Pramuka, khususnya di DIJ diharapkan menjadi lebih istimewa.

SALAH satu sekolah yang memiliki banyak prestasi dalam kepramukaan adalah SMPN 1 Jogja. Berbagai prestasi diraih setiap tahunnya dalam beberapa ajang. Sebut saja pada 2017, sekolah ini berhasil menjuarai Lomba Tingkat Regu Penggalang Tiga dan Empat (LT III dan LT IV) dan regu prestasi baik di LT V (Tingkat Nasional).

”Selain itu dalam lomba kepramukaan di Kota Jogja maupun DIJ, juga sering menjadi juara baik regu putra maupun putri,” ujar Kepala SMPN 1 Jogja Y. Niken Sasanti.

Menurutnya, sejak dulu sekolahnya memang sangat fokus dalam kegiatan pramuka. Prestasi yang diraih pun tidak lepas dari para Pembina yang mengajar siswa-siswinya. Niken menjelaskan, selain menjadi ekstrakurikuler wajib, kegiatan Pramuka ini memberikan dampak positif bagi siswanya.

Menurutnya, Pramuka memiliki banyak manfaat untuk penguatan pendidikan karakter siswa. Misalnya disiplin, ketaatan, jujur, berani berkorban, kerja keras, gotong royong, mandiri, terampil, tanggung jawab, pantang menyerah, religius, nasionalis, dan lainnya. ”Saya juga melihat para siswa bisa mengimplementasikan hal tersebut di keseharian mereka,” ungkap Niken.

Manfaat dari kegiatan tersebut, menurut Niken, sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah. Seperti mewujudkan pendidikan yang berwawasan kearifan lokal, mewujudkan pendidikan yang menjunjung tinggi etika berlalu lintas, mewujudkan lingkungan sekolah yang bebas dari narkoba. Serta mewujudkan pendidikan berkarakter anti korupsi, mewujudkan pendidikan yang tanggap dalam penanggulangan bencana.

Tercatat saat ini ada 815 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka yang didampingi oleh 10 Pembina. Dalam prosesnya, para siswa tampak selalu bersemangat dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Para siswa mengikuti ekstrakurikuler ini pada hari Rabu dan Jumat sore.

Adapun prestasi yang diraih antara lain, Lomba Tingkat Regu Penggalang Lima (LT V) juara 2 Nasional 2017, Lomba Tingkat Regu Penggalang Empat (LT V) juara 1 Putra tingkat Provinsi 2017, Lomba Tingkat Regu Penggalang Lima (LT V) juara 1 putri tingkat Provinsi. (ita/ila/mg1)