JOGJA – Kompetisi Liga Indonesia akan memasuki masa jeda selama kurang lebih sebulan seiring penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang. Waktu jeda tersebut, akan dimanfaatkan tim pelatih untuk recovery dan evaluasi.

Seperti yang dilakukan oleh PSIM Jogja. Pascakekalahan dari PS Mojokerto Putra dengan skor telak 1-4, tim pelatih segera meliburkan pemainnya. Tim akan kembali berkumpul pada Kamis mendatang.

Pelatih PSIM Jogja Bona Simanjuntak mengatakan, waktu libur bagi para pemainnya sangat bermanfaat dalam pemulihan fisik. Tidak hanya itu, psikis pemain pun diharapkan bisa tertolong dengan waktu libur yang diberikan.

”Kami alami dua laga berat di Cilacap dan Mojokerto. Libur ini bisa membuat para pemain cooling down sedikit lah,” kata Bona kemarin (12/8).

Hal tersebut bisa dimaklumi. Dalam dua laga putaran kedua ini Laskar Mataram mencatatkan tren negatif. Mereka kalah dari Blitar United serta PS Mojokerto.

Di Cilacap, sebut Bona, psikis pemain banyak terkuras karena banyak faktor nonteknis. Ditambah, dengan pertandingan di Mojokerto yang menurut Bona banyak merugikan timnya.

”Saya ingin mereka benar-benar memanfaatkan waktu libur selama lima hari ini,” katanya.

Jeda kali ini, jelasnya, juga akan digunakan evaluasi timnya pasca dua kekalahan yang diderita di putaran kedua. Selain latihan, untuk mengisi memanfaatkan waktu jeda, tim pelatih akan menggelar laga persahabatan atau pun latih tanding.

”Laga uji coba diperlukan untuk menjaga ritme dan kondisi permainan,” katanya.

Sementara itu, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara meminta skuad-nya melupakan kekalahan atas Madura FC dan kembali fokus mempersiapkan laga selanjutnya. Waktu jeda pun akan dimanfaatkan olehnya untuk membenahi teknik permainan dan mental.

”Putaran ke dua semakin berat dan ketat. Karena setiap tim punya target,” jelasnya.

Menurut Seto, tim yang lebih fokus dan menyiapkan pemain dengan baik, memiliki peluang besar untuk lolos ke babak selanjutnya.

”Kompetisi masih panjang dan sejumlah tim masih berpeluang ada di zona empat besar,” jelasnya. (bhn/ila/mg1)