JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jogja menyusun program komperhensif pemusatan latihan kota (Puslatkot) dalam menyambut Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIJ 2019. Apalagi, KONI Jogja menargetkan juara umum pada pelaksanaan Porwada.

Pengurus KONI Jogja bidang Litbang Danardono mengatakan, penyusunan program latihan dimaksudkan untuk menyelaraskan progam latihan yang dilakukan oleh pelatih dan pengurus KONI Jogja.

”Harus ada keselarasan program-program latihan dari tiap cabang olahraga (cabor) agar upaya menuju juara biasa tercapai,” jelas Danardono kemarin (12/8).

Dengan penyusunan program latihan dari masing-masing cabor, maka progres kemajuan bisa diukur. Nantinya, KONI Kota akan bekerja sama dengan ahli untuk melakukan evaluasi dan pengukuran dari penyusunan setiap program.

Dikatakan, penyusunan program yang melibatkan akedimisi ilmu keolahragaan menjadi terobosan bagi KONI Jogja. Sebelum digelar, masing-masing pengurus kota (pengkot) masih berjalan secara sendiri. ”Imbasnya prestasi cabor jadi timpang,” terangnya.

Menurutnya, juara umum Porda menjadi target jangka pendek. Target lainnya yang lebih utama adalah menciptakan atlet-atlet kota yang lebih berkualitas di semua cabor.

”Tentunya akan ke depan akan bermanfaatkan bagi prestasi olahraga di DIJ di berbagai event skala nasional maupun internasional,” katanya. (bhn/ila/mg1)