JOGJA – Para penghayat kepercayaan di Kota Jogja mulai bisa memiliki katu identitas berupa e-KTP sesuai dengan kepercayaanya. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Jogja mulai melayani pencetakan e-KTP untuk penghayat kepercayaan sejak awal Agustus ini.

“Hanya ditulis penghayat kepercayaan saja. Tidak akan ditambah dengan nama kelompoknya. Aplikasi dari pusat seperti itu,” ujar Kepala Dindukcapil Kota Jogja Sisruwadi Sabtu (11/8). Menurut dia tidak dicantumkannya nama aliran kepercayaan tersebut karena jumlahnya yang terlalu banyak. Tapi Sisruwadi memastikan penghayat kepercayaan yang diakui sudah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM.

Terkait dengan jumlah penganut penghayat kepercayaan, mantan Camat Jetis itu mengaku tidak dapat memastikan secara pasti. Tapi diperkirakan jumlahnya di Kota Jogja bisa mencapai ribuan orang. “Jika dulu mereka tidak bisa menampilkannya di KTP dan saat ini sudah diakui, maka dimungkinkan akan banyak yang melakukan perubahan di e-KTP,” katanya.

Sebelumnya Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIJ Singgih Raharjo menyebut jumlah penghayat kepercayaan yang terdaftar di Disbud DIJ mencapai 36. Tapi dia tidak bisa memastikan terkait dengan jumlah masyarakat yang menganut aliran kepercayaan di DIJ. Termasuk aktif tidaknya penghayat kepercayaan tersebut. (pra/din/mg1)