JOGJA – Dosen Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membuat dua website khusus untuk kampung wisata.

Melalui hibah Pengabdian pada Masyarakat dari Kemenristekdikti, Yulius Harjoseputro, ST, MT dan Fransisca Anita Herawati, SIP, MSi mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bekerja sama dengan Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede dan Kampung Wisata Pakualaman.

Kedua kampung tersebut dipilih karena memiliki potensi wisata yang dapat menjadi alternatif wisata di DIJ. Potensi wisata tersebut meliputi wisata alam dan situs kuno, wisata budaya, wisata kuliner dan kerajinan.

Wisata tersebut di antaranya Situs Manuk Beri, Kebun Binatang Gembiraloka, Museum Jenderal Sudirman, Seni Karawitan, Kerajinan Batik, Jamu Ginggang, sentra industri ayam goreng dan lainnya.

“Permasalahan yang dihadapi oleh kedua kampung wisata tersebut adalah pemasaran, peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan produk wisata,” ujar Yulius Harjoseputro.

Oleh karena itu, melalui PKM tersebut berusaha mencari solusi yang konkret untuk dapat meningkatkan potensi wisata. Langkah-langkah konkret yang sudah dilakukan adalah pembuatan website untuk masing-masing kampung wisata sebagai media pemasaran.

“Website kampungwisatarejowinangun.com dan kampungwisatapakualaman. Tim juga telah memberikan laptop sebagai inventaris untuk mempermudah update konten di website,” jelasnya.

Selain itu, tim UAJY juga memberikan pelatihan kepada pengelola kampung wisata seperti pelatihan administrator web. Juga pelatihan fotografi, pelatihan penulisan naskah feature yang bertujuan untuk membekali masyarakat dengan dasar-dasar fotografi serta penulisan konten sehingga ilmu tersebut dapat digunakan sebagai pengembangan web dan promosi paket wisata yang ditawarkan kepada para wisatawan.

“Melalui promosi yang dilakukan via website yang selalu update diharapkan semakin banyak juga wisatawan yang akan berkunjung ke kedua kampung wisata tersebut. Dampaknya akan meningkatkan perekonomian warga kampung wisata,” ujar Anita Herawati. (ila)