SLEMAN – Hidup di zaman serba bisa saat ini, membuat Dinas Koperasi dan UKM  Kabupaten Sleman mengadakan workshop khusus. Yakni mengenai tata cara dalam membuat video ala vloger untuk pemasaran suatu produk agar telihat menarik di pasaran, Senin (13/8).

Konsultan dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) DIJ Imam Syafi’i menjelaskan, saat ini penikmat media sosial (medsos) sangat besar di Indonesia, terutama di Youtube dan Instagram.

Alasan tersebut yang melatarbelakangi pelaku usaha melakukan promosi suatu produk lewat video yang dibuat hanya dengan handphone. “Dengan handphone lebih simpel dan menghemat biaya,” katanya.

Aplikasi untuk pembuatan video yang digunakan berupa aplikasi pada umumnya seperti Adobe Primier Clip, Quik, Kine Master dan lainnya. Workshop kali ini mengajarkan kepada pada peserta bagaimana cara pengaplikasiannya dan penggunaannya aplikasi tersebut, sehingga segala kendala yang dialami oleh pengguna dapat teratasi.

Hasil video yang dibuat dari ponsel pun tak kalah kualitas dengan video yang dibuat dengan peralatan komplet seperti kamera maupun laptop. Menguasai teknik dasar adalah hal yang paling penting agar video yang diciptakan tidak kalah bagus dengan vlog ala Youtuber.

“Kalaupun belajar sendiri pasti banyak yang bingung, di sini kami berupaya mengatasi hal itu,” ungkapnya.

Acara tersebut diikuti sekitar 20an peserta yang yang berlangsung pukul 10.00 hingga 12.00 siang. Kemudian dilanjutkan dengan sesi konsultasi dari pukul 13.00 hingga 15.00.

“Biasnya kami hanya melakukan pojok konsultasi, namun untuk kali ini juga adakan kelas,” tambah admin pojok konsultasi Rifka Anisa ini. (mg4/ila)