JOGJA – Kota Jogja tidak asing bagi Presiden Joko Widodo. Dia pernah mengenyam pendidikan di kota gudeg. Persisnya saat kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Nah, rumah yang beralamatkan di Jalan Menur 25 Baciro pernah menjadi tempat indekos bekas wali kota Surakarta itu.

Hal itu terungkap saat deklarasi relawan Joko Widodo-Ma’rif Amin untuk Kemuliaan Indonesia kemarin, Minggu (12/8). Wisnu Pratelo, 54, pemilik rumah mengaku sempat tak yakin bahwa orang nomor satu di Indonesia pernah ngekos di rumahnya. Sebab, saat itu dirinya masih duduk di bangku SMP. Sementara indekos dikelola kedua orang tuanya.

”Tapi saya ingat dulu ada yang namanya Joko pernah ngekos,” tutur Pratelo menyebut bahwa sosok bernama Joko itu dulunya mengendarai sepeda motor Yamaha RS 100.
Seingatnya, sosok Joko adalah orang yang ramah. Sering kali Joko menyapanya. Sekalipun dandanan Joko khas seperti mahasiswa pecinta alam. Lengkap dengan rambut gondrongnya.

Wisnu menceritakan, kabar bahwa Jokowi pernah indekos di rumahnya bergulir sejak lima tahun lalu. Namun, dia saat itu tetap ragu. Keraguan ini berganti keyakinan setelah seorang teman Jokowi membenarkannya.

Menurutnya, ruangan yang dulunya ditempati Jokowi sekarang menjadi kamar adiknya. Ruangan yang cukup besar ini sekarang berada di belakang warung miliknya. Ada beberapa perubahan seperti warna cat dan renovasi.
Dalam kesempatan itu, Pratelo berharap Jokowi bersedia mampir ke rumahnya. Sekadar untuk nostalgia mengenang masa mudanya.

“saya berharap beliau bisa mampir untuk sekedar napak tilas,” harapnya.
Hartono, teman sebangku Jokowi saat bersekolah di SMA 6 Surakarta membenarkan pernyataan Pratelo. Hartono mengatakan, sebelum pelantikan Jokowi sebagai wali kota Surakarta, Jokowi pernah bercerita tentang kehidupannya di Jogja. Kepadanya, Jokowi bercerita bahwa semasa kuliah pernah menjadi penghuni rumah yang terletak di Jalan Menur 25 Baciro.
”Setelah saya cek ternyata rumah Ibu Pratelo ini,“ ujarnya saat hadir di acara deklarasi. (cr5/zam/mg1)