JOGJAKARTA merupakan salah satu tujuan destinasi wisata yang sering dikunjungi, baik pengunjung lokal bahkan internasional. Tentu saja hal ini dikarenakan banyak tempat wisata di Jogja bukan hanya memiliki keindahan, namun juga erat kaitannya dengan perkembangan budaya dan sejarah di Indonesia.

Selain berbagai tempat wisatanya yang terkenal, Jogjakarta juga memiliki segudang kuliner khas yang tentu saja sangat menggiurkan dan memiliki cita rasa unik. Berikut beberapa makanan khas jogja yang harus anda coba ketika berkeliling ke tempat wisata di Jogja.

1. Mangut Lele

Lele yang dimasak dengan cabai dan santan di atas tungku kayu ini merupakan salah satu makanan khas yang cukup populer di Jogjakarta. Mangut Lele merupakan makanan khas Jogja yang memiliki cita rasa yang unik dan tentu saja sangat nikmat. Jangan bingung jika anda ingin mencicipi makanan ini karena banyak sekali tempat makan makan yang menyediakan kuliner khas ini.

2. Tengkleng Daging
Meskipun hampir mirip seperti gulai daging, namun terdapat perbedaan jelas yang bisa dilihat antara tengkleng daging dengan gulai, tengkleng daging memiliki kuah yang lebih encer dan memang biasanya didominasi oleh jeroan meskipun dasarnya biasa dibuat dari daging sapi atau kambing.

3. Rujak Es Krim
Makanan khas ini merupakan salah satu makanan segar dan nikmat yang tentu saja harus anda coba setelah berkeliling Jogja. Terbuat dari rujak yang dicampur dengan es krim, Rujak Es Krim memadukan rasa manis, pedas dan segar, sehingga jangan sampai anda tidak mencoba rujak es krim yang unik ini.

4. Entok Slenget
Entok Slenget merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari daging entok yang dimasak dengan cara disemur dan ditambah cabai sehingga menghasilkan rasa pedas yang khas. Terciptanya nama Entok Slenget ini karena sajian lezat ini memiliki bumbu khas yang menyengat di lidah atau slenget.
5. Kipo
Salah satu oleh – oleh yang nikmat dari Jogja. Kipo merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur santan lalu diberi isian kelapa dengan pewarna alami yang berasal dari pandan dan dipanggang diatas arang, kipo memiliki tekstur yang legit dan rasa yang manis. Makanan ini cocok menjadi oleh – oleh, namun karena pembuatannya yang masih alami tanpa pengawet membuatnya tidak dapat bertahan lama.

6. Sate Klatak
Meskipun sate klatak hampir sama dengan sate lainnya yang cara memasaknya dibakar diatas bara api, namun ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh sate klatak ini, yaitu terbuat dari daging kambing muda yang dibumbui, dan sate klatak ini menggunakan jeruji sepedah yang sudah dibersihkan sehingga inilah yang membuat sate klatak memiliki ciri khas tersendiri. Disebut sate klatak karena ketika daging menyentuh panas arang akan muncul bunyi klatak – klatak.

7. Sayur Lombok Ijo
Merupakan menu andalan masyarakat Jogja, Sayur Lombok Ijo terbuat dari kuah santan yang dicampur dengan tahu atau temped an diberi cabai hijau atau sering disebut juga Lombok Ijo.

8. Nasi Tiwul
Nasi Tiwul merupakan makanan yang dulu di wilayah asalnya yaitu Gunung Kidul pernah dijadikan ikon kemiskinan, namun saat ini nasi tiwul merupakan makanan yang sangat populer dan diminati berbagai kalangan. Terbuat dari singkong yang dikeringkan dan ditumbuk, nasi tiwul juga sering digunakan para penderita diabetes sebagai alternatif obat dan pengganti nasi.

9. Oseng – Oseng Mercon
Harganya yang cukup terjangkau membuat makanan ini sering dijadikan makanan andalan mahasiswa pada akhir bulan, terbuat dari kikil, daging, gajih, kulit, dan tulang lalu cabe rawit yang dimasak dengan cara di oseng, makanan ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas.

10. Walang Goreng
Terlihat mengerikan dan tak lazim untuk dimakan, makanan tinggi protein in terbuat dari belalang yang dibersihkan dan digoreng hingga benar – benar kering. Di Gunungkidul, makanan ini sering dikonsumsi karena tentu saja menyehatkan dan sering digunakan sebagai lauk pendamping nasi atau hanya sebagai cemilan saja.

Nah, itulah makanan kuliner khas Jogja yang sangat disayangkan jika tidak dicoba. Pastikan anda mencoba makanan – makanan khas diatas ketika melakukan kunjungan ke tempat wisata di Jogja yg dipesan di Traveloka aktivitas & rekreasi. (adv/ila/fn)