SLEMAN – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ Kadarmanta Baskara Aji menilai program Siswa Mengenal Nusantara 2018 sangat bagus. Program rintisan Kementerian BUMN tersebut mengajak siswa praktik lapangan.

Mengajak siswa mengunjungi dapur Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Dari Jogjakarta terpilih 23 siswa setingkat SMA. Tiga di antaranya berkebutuhan khusus,’’ ujar Aji kemarin.
Pembekalan penting untuk mereka yang akan berangkat mengikuti program tersebut. ‘’Karena siswa bersinggungan langsung dengan objek pembelajaran,” kata Aji.

Pembelajaran dikemas dua hari di Hotel Grand Dafam Rohan. Materi yang diberikan terkait budaya, pendidikan dan pariwisata. Setelah mendapatkan materi, para siswa dikirim ke Kalimantan Tengah selama seminggu.
Aji berharap program tersebut berjalan rutin. Konsep pembelajaran melalui BUMN sangat efektif. Cara belajar tersebut juga meningkatkan minat siswa bekerja di BUMN.

“Mereka jadi lebih mengenal BUMN itu seperti apa. Metode kerja dan fokus pengerjaannya apa. Selain menambah ilmu juga bisa menjadi proyeksi visi misinya,” ujarnya.
General Manager PT Angkasa Pura I Jogjakarta Agus Pandu Purnama memberikan materi seputar seluk beluk BUMN. Materi pembelajaran sejalan dengan tema, BUMN Hadir untuk Negeri.
Selain Angkasa Pura, turut hadir PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

“Ada pertukaran Jogjakarta dan Kalimantan Tengah. Yang dari Kalimantan Tengah belajar di Jogjakarta 11-20 Agustus 2018. Para siswa sudah menjalani seleksi dan pendalaman materi,” kata Pandu.
Setiap siswa mendapat pembekalan keahlian menulis. Kemampuan menulis adalah modal mendokumentasikan setiap pembelajaran.
“BUMN memberikan pelatihan jurnalistik, pembuatan foto dan video bloging. Misi lain adalah menjadikan siswa duta kebudayaan,” ujar Pandu. (dwi/iwa/mg1)