Slamet ‘Budigol’ Budiono

Di kala tiga tim asal DIJ, PSIM Jogja, Persiba Bantul, dan PS Tira mengalami kekalahan, PSS Sleman menjadi satu-satunya tim asal DIJ yang mengantongi kemenangan. Adalah Slamet ‘Budigol’ Budiono yang menjadi pahlawan kemenangan Super Elang Jawa di laga pertama putaran kedua Liga 2.
Gol kemenangan oleh Budiono terjadi di menit ke-9 melalui gol salto hasil umpat matang eks gelandang PSS Sleman, Syamsul Chaeruddin. Gol tersebut, merupakan satu-satunya gol yang tercipta dalam pertandingan tersebut, sekaligus membawa Elang Jawa bertengger di puncak klasemen.”Ini awal dari langkah kami unutk bisa melaju keputaran selanjutnya,” kata Budiono.
Budiono menjadi bintang baru PSS. Keunggulan pemain asal Sumatera ini ada pada kecepatan dan menggiring bola. Naluri mencetak golnya pun patut diacungi jempol dan kerap memecah kebutuan dikala para striker PSS Sleman mengalami stuck.

Sejak ditangani Seto, Budigol kerap masuk dalam starting line up. Dua golnya ke gawang Persiba Balikpapan, saat laga di Stadion Batakan, membayar kepercayaan sang pelatih yang diberikan kepadanya. ”Sekarang bagaimana bisa tampik konsisten untuk membawa PSS lebih baik,” terangnya.
Seto menilai, Budiono sebagai sosok pekerja keras. Apa yang ditampilkan dalam latihan, kerap ditunjukkan baik dalam setiap laga yang dilakoni. ”Budiono memang punya kecepatan. Selain itu dia bukan tipe pemain yang egois dan bisa berkoordinasi dengan rekannya yang ada di depan,” terangnya. (bhn/din/mg1)