GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA

MOJOKERTO – PSIM Jogja berupaya menghindar dari brace kekalahan saat dijamu tuan rumah PS Mojokerto Putra di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto, hari ini (10/8). Poin penuh dapat menjaga asa Laskar Mataram-julukan PSIM Jogja untuk kembali memburu empat besar klasemen Grup Timur Liga 2.

Pertemuan Mojokerto Putra dan PSIM Jogja bisa disebut laga tim yang terluka. Ya, di laga terakhir kedua tim sama-sama menderita kekalahan. PSIM Jogja harus menyerah 0-1 dari Blitar United pada laga kandang di Cilacap. Sedangkan PS Mojokerto Putra, secara menyakitkan digelontor tiga gol tanpa balas saat berhadapan dengan PSBS Biak, saat away di Stadion Cendrawasih, Biak.
Ambisi Laskar Mataram untuk meraih poin penuh di laga kali ini diakui pelatih PSIM Jogja Bona Simanjuntak tidaklah mudah. Motivasi dan mental baja harus dimiliki oleh Hendika Arga dkk untuk bisa unggul atas tim yang secara klasemen di atas PSIM.

Mojokerto Putra, yang bercokol di posisi keempat dengan nilai 19 memiliki catatan sempurna di laga kandangnya. Meski begitu, PSIM Jogja pun sebenarnya punya catatan baik saat bermain di Jawa Timur. Terbukti, Laskar Mataram baru menderita satu kekalahan saat menjalani away Jawa Timur. ”Kami akan tampil fight, berusaha untuk meraih 3 poin. Harus diakui Mojokerto Putra ini tim jago kandang,” jelas Bona.

PSIM Jogja, harus menetralisasi serangan-serangan skuad tuan rumah. Bermain di kandang sendiri, sudah dipastikan skuad Laskar Mojopahit bakal tampil all out menyerang.”Kami mewaspadai adalah pergerakan permainan sayap. Striker mereka juga cukup baik,” imbuhnya.
Ambisi memutus catatan kemenangan kandang, bakal jadi cambuk bagi Ismail Haris untuk mengoyak jala tuan rumah demi kemenangan. Berbekal grafik permainan di laga tandang, PSIM Jogja memiliki peluang untuk mencoreng catatan sempurna Mojokerto Putra.
Pada laga hari ini, Bona pun mengisyaratkan melakukan beberapa perubahan. Upaya itu dilakukan untuk menyiasati jadwal padat yang telah dilakoni skuad asuhannya. “Yang biasa main akan istirahatkan dulu karena mereka sudah banyak main dalam waktu berdekatan,” ungkap Bona.

Sebagai alternatif, pemain yang jarang tampil akan diberi kesempatan untuk bermain di laga kali ini, diantaranya Ayub Antoh, Nanda Bagus, dan juga penyerang anyar Hasan Basri yang kemungkinan akan memulai pertandingan sebagai starter. “Kami mau bermain menunggu di bawah, mungkin akan lebih banyak bermain counter attack,” ujar Bona.

Pelatih PS Mojokerto Putra Jamal Yastro pun telah meminta skuadnya untuk move on dari kekalahan di laga terakhir, demi membidik poin penuh di laga kandang. Diakui, pada putaran kedua kali ini setiap tim akan main habis-habisan untuk meraih hasil terbaik di klasemen. ”Kami siap bangkit di putaran kedua dan setiap tim akan melakukan persiapan yang sama,” jelasnya. (bhn/din/mg1)