BANTUL – Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul akan menjadi saksi laga beda kasta antara Persikabo Kabupaten Bogor kontra Persija Jakarta dalam Piala Piala Indonesia sore ini.
Laga ini akan menyuguhkan perbedaan kasta yang menyolok. Persikabo yang kini bermain di Liga 3 akan berupaya memberikan perlawan maksimal pada Persija, untuk bisa lolos dari babak 128 besar. Tidak hanya perbedaan kasta yang mencolok, dari komposisi pemain pun cukup tampak perbedaan mencolok dari masing-masing tim.

Sadar akan kualitas timnya yang masih di bawah Persija, Pelatih Persikabo Wawan Dermawan mengaku tidak memasang target khusus di pertandingan nanti. Skuadnya, akan bermain normal seperti laga-laga biasa. ”Kami nothing to lose, mereka memiliki pemain senior sedangkan kami skuad usia 23 tahun,” kata Wawan.

Meski begitu, Wawan meminta kepada anak asuhnya untuk bermain maksimal. Apalagi, Persikabo dalam laga di SSA nanti berstatus tuan rumah. Maka dari itu, dia meminta kepada skuadnya untuk bisa tampil maksimal pada laga nanti. ”Semua tahu Persija. Kami pompa semangat tim karena yang kami hadapi Persija,” jelasnya.

Kapten Persikabo Dian Irawan mengaku tak gentar dengan nama besar Persija. Dia meminta kepada rekan-rekannya untuk tampil maksimal tanpa memikirkan hasil. ”Pokoknya tetap fight, demi kemenangan,” tegas eks Persibo Bojonegoro iyu.

Sementara itu bagi Macam Kemayoran- julukan Persija meski yang dihadapi tim dari kasta ketiga, timnya akan tampil dengan maksimal untuk bisa lolos ke-64 besar. Persija tentuya tidak ingin kehilangan muka dengan dikalahkan dari tim asal Liga 3. ”Saya tidak pernah memandang pertandingan itu mudah. Tetap harus kerja keras dan fokus memenangkan laga,” kata pelatih Persija Stefano ‘Teco’ Cuggura.

Dia pun menilai, Piala Indonesia memiliki gengsi yang cukup besar tak kalah dengan Liga 1. Apalagi, bagi mereka kalah akan langsung tersingkir. Teco pun tampaknya cukup serius menyiapkan skuad. Setelah laga melawan Arema di Kanjuruhan,Malang, skuad Persija tidak kembali ke Jakarta guna mempersiapkan tim.

Untuk skuad yang diturunkan, besar kemungkinan Persija akan memainkan komposisi yang jarang tampil reguler. ”Kami punya 30 pemain. Ada yang fokus recovery. Sekarang saya lihat mana yang paling siap,” jelasnya. (bhn/din/mg1)