JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Jogjakarta (KONI DIJ) melakukan Penggantian Antar Waktu Pengurus KONI DIJ Masa Bakti 2017-2021 dan perombakan kepengurusan. Langkah ini dilakukan dalam rangka kelancaran organisasi agar berjalan dengan baik.

Ketua Umum KONI DIJ Prof Djoko Pekik Irianto menyampaikan, penataan kembali susunan personalia bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kepengurusan KONI DIJ, yang dianggap cocok sesuai bidang masing-masing. Ditegaskan tidak ada penambahan maupun pengurangan personal, sesuai dengan susunan kepengurusan era ketua umum KONI DIJ sebelumnya, yakni almarhum dr Hadianto Ismangoen.

Menuurutnya, yang berbeda dari sisi terminologi disesuaikan dengan AD/ART KONI, yakni ketua I menjadi wakil ketua I yang dijabat Triyandi Mulkan dan wakil ketua II yang sekarang dijabat Rumpis Agus Sudarko dan Wakil Ketua III oleh GKR Bendara. “Hanya pergeseran saja,” jelas Joko Rabu (8/8).

Di samping penataan personalia, pihaknya juga melakukan merger untuk beberapa bidang. Misal bidang ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga dan bidang penelitian, serta pengembangan yang semula berdiri sendiri, kini digabung menjadi bidang sport science, iptek, dan litbang.

Kemudian, bidang SDM dan kesejahteraan pelaku olahraga dan bidang kerja sama, kini menjadi bidang kesejahteraan pelaku olahraga dan kerja sama. Bidang promosi dan marketing yang kemudian menjadi bidang mobilisasi sumber daya (MSD) dan promosi. “Struktur kelembagaan juga disesuaikan dengan AD/ART KONI. Seperti wakil ketua I yang membawahi bidang pembinaan organisasi, bidang pembinaan hukum keolahragaan, dan bidang pengumpulan dan olah data base,” jelasnya.

Kemudian, wakil ketua II yang membawahi bidang pembinaan prestasi, bidang sport science, iptek, dan litbang, serta bidang pendidikan dan penataran. Sedangkan wakil ketua III membawahi bidang rencana dan anggaran, bidang kesejahteraan pelaku olahraga dan kerja sama, bidang media dan hubungan masyarakat (Humas), serta bidang MSD dan promosi.

Perubahan susunan organisasi ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) KONI Pusat Nomor 71 Tahun 2018 tentang Penggantian Antar Waktu Pengurus KONI DIJ Masa Bakti 2017-2021 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman tertanggal 1 Agustus 2018. (bhn/din/mg1)